Find Us On Social Media :

Begini Cara Sepuluh Perusahaan Gunakan ChatGPT, Bisa Jadi Inspirasi

By Liana Threestayanti, Rabu, 14 Juni 2023 | 19:00 WIB

Pemanfaatan ChatGPT semakin marak. Chatbot AI ini tidak hanya dimanfaatkan oleh end-user tapi juga pengguna bisnis. Sepuluh contoh pemanfaatan ChatGPT ini mungkin bisa jadi inspirasi. 

Chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI ini memberikan dampak yang luar biasa pada banyak industri dan profesi. Meski ada sebagian masyarakat yang mengkhawatirkan dampak AI seperti ChatGPT bagi kelangsungan pekerjaan manusia. Kehadiran chatbot ini juga membuat kita bekerja lebih cerdas karena ChatGPT meningkatkan keterampilan dan kemampuan yang kita miliki dengan bantuan artificial intelligence

Berbagai perusahaan juga mulai memanfaatkannya, misalnya untuk menciptakan layanan baru bagi pelanggan dan meningkatkan efisiensi di sisi internal perusahaan. Mari kita lihat cara sepuluh perusahaan di dunia memanfaatkan ChatGPT.

Expedia

Bulan April lalu, perusahaan pemilik website dan aplikasi perjalanan terkemuka di dunia ini menghadirkan pengalaman conversational trip planning dengan mengintegrasikan ChatGPT di aplikasi Expedia. 

Dengan integrasi ini, menyusun rencana perjalanan bukan lagi dengan browsing mencari hotel, destinasi, atau penerbangan di aplikasi Expedia. Namun para pengguna aplikasi dapat merencanakan liburan seolah olah mereka ngobrol dengan agen perjalanan yang ramah dan berpengetahuan luas. Selain itu, aplikasi secara otomatis membuat daftar hotel dan objek wisata yang diminati pelanggan untuk membantu perencanaan.

“Dengan mengintegrasikan ChatGPT ke dalam aplikasi Expedia dan menggabungkannya dengan kemampuan belanja berbasis AI lainnya, seperti perbandingan hotel, pelacakan harga untuk penerbangan, dan alat kolaborasi perjalanan, kini kami dapat menawarkan cara yang lebih intuitif kepada wisatawan untuk merencanakan perjalanan yang sempurna bagi mereka,” ucap Peter Kern, Vice Chairman and CEO, Expedia Group, seperti dikutip dari expediagroup.com.

Microsoft

Seperti kita ketahui, Microsoft adalah pendukung utama ChatGPT melalui gelontoran investasi senilai US$13 triliun kepada pengembangnya, yaitu OpenAI.

Model bahasa besar atau large language model (LLM)  yang menenagai ChatGPT, yaitu–GPT-3 and GPT-4–sekarang juga menjadi sumber kecerdasan search engine Bing. Integrasi ini memungkinkan pengguna Bing mencari dan memperoleh hasil pencarian dalam format percakapan, ketimbang daftar tautan web. 

Microsoft juga berencana mengintegrasikan teknologi yang sama di berbagai software-nya, seperti Word dan Excel. Microsoft juga menggunakan Codex, yaitu GPT-3 yang secara khusus dimodifikasi untuk menerjemahkan natural language menjadi kode-kode pemrograman. 

Duolingo