Find Us On Social Media :

Tujuh Cara ChatGPT Bantu Rencanakan Perjalanan dan Liburan Anda

By Liana Threestayanti, Minggu, 18 Juni 2023 | 13:00 WIB

Cara pemanfaatan ChatGPT dari hari ke hari semakin bervariasi. Masyarakat terus mengeksplorasi kemampuan chatbot AI ini. Nah, bagaimana ChatGPT membantu merencanakan perjalanan dan vakansi?

Cara pemanfaatan ChatGPT dari hari ke hari semakin bervariasi. Masyarakat terus mengeksplorasi kemampuan chatbot AI ini. Nah, bagaimana ChatGPT membantu merencanakan perjalanan dan vakansi?

Seperti kita ketahui, ChatGPT memiliki kemampuan menghasilkan teks seperti buatan manusia, berdasarkan prompt/instruksi yang diberikan user. Atau dengan kata lain, pengguna bertanya dan ChatGPT memberikan jawaban/respons. Karena chatbot ini berbasis teks, jangan berharap ChatGPT menyuguhkan foto-foto eksotis destinasi wisata.

Pada dasarnya inilah yang akan kita lakukan ketika merencanakan liburan/perjalanan dengan chatbot AI ini, kita bertanya pada ChatGPT. Agar kita memperoleh jawaban terbaik, ajukan pertanyaan secara mendetail.

Ada tujuh cara memanfaatkan ChatGPT untuk merencanakan liburan/perjalanan, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Melakukan riset destinasi liburan

ChatGPT dapat membantu mengeksplorasi berbagai destinasi  vakansi dan memberikan saran mengenai aktivitas yang dapat kita lakukan di destinasi tersebut, memberikan informasi cuaca, dan biaya.  

Contoh prompt/instruksi: "Saya ingin pergi berlibur ke Lombok selama 7 hari, berikan lima destinasi terbaik dan aman untuk wisata bersama keluarga."

2. Membuat itinerary

ChatGPT dapat membantu merencanakan itinerary liburan/perjalanan, termasuk memberikan rekomendasi tempat makan dan transportasi.

Contoh prompt/instruksi: "Buatkan itinerary untuk liburan bersama keluarga ke lima destinasi yang tadi kamu berikan dan berikan Saran aktivitas yang bisa dilakukan di tiap destinasi tersebut."

3. Mencari rute transportasi

Ketika kita harus menggunakan berbagai jenis transportasi di lokasi liburan, gunakan ChatGPT untuk menemukan rute-rute terbaik.