Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Raptor Lake Mobile dan Sapphire Rapids di Indonesia

By Cakrawala Gintings, Rabu, 28 Juni 2023 | 10:00 WIB

Simon Chan (Managing Director, Sales, Marketing & Communications Group, Intel - Southeast Asia, South Asia and ANZ; kedua dari kiri) berfoto bersama Dino Strkljevic (Client Business Lead, Southeast Asia & ANZ, Intel; kiri) dan Ayush Batra (Regional Director of Technology Enablement, Southeast Asia & ANZ, Intel) setelah menyampaikan peluncuran Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake yang ditujukan untuk mobile serta Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids di Indonesia baru-baru ini.

Setelah mengumumkan dan meluncurkan Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake yang ditujukan untuk mobile serta Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids di dunia, Intel beberapa waktu lalu meluncurkan pula kedua lini prosesor tersebut di Indonesia. Pada peluncuran yang mengambil tema “Accelerate Possibilities” dan bertempat di Jakarta itu, Intel juga menyebutkan bahwa berbagai laptop yang ditenagai Intel Core Generasi ke-13 yang dimaksud sudah tersedia di tanah air. Begitu pula dengan Intel Xeon Scalable Generasi ke-4. Dibandingkan generasi sebelumnya, Intel Raptor Lake dan Intel Sapphire Rapids menawarkan sejumlah peningkatan sehingga bisa memberikan kinerja yang lebih bertenaga.

“Dunia kita terus berkembang dan berkembang secara luas, oleh karena itu kami sangat senang untuk mempersembahkan lini processor Intel Core Generasi ke-13 mobile baru kami hari ini di Indonesia yang kini melengkapi keluarga prosesor Generasi ke-13 kami, membolehkan para pemain gim, kreator, dan enthusiast mendapatkan pengalaman dengan kaliber tinggi pada seluruh segmen laptop,” ujar Simon Chan (Managing Director, Sales, Marketing & Communications Group, Intel - Southeast Asia, South Asia and ANZ).

“Kami juga bersemangat untuk menenagai industri pusat data Indonesia yang sedang berkembang dan menjawab kebutuhan-kebutuhan komputasi para perusahaan dengan lini prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 terbaru, dari kinerja dan efisiensi sampai keamanan dan keberlanjutan, sejalan dengan negara ini melakukan adopsi digital dan memenuhi permintaan yang meningkat untuk laju yang lebih cepat, kemungkinannya adalah tanpa batas. Accelerated possibilities untuk Indonesia tersebut adalah dimulai dengan Intel, mitra semikonduktor Anda,” lanjut Simon Chan.

Intel Core Generasi ke-13 untuk Mobile

Intel meluncurkan Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake untuk mobile di tanah air. Terdapat Intel Core Generasi ke-13 seri HX, Intel Core Generasi ke-13 seri H, Intel Core Generasi ke-13 seri P, dan Intel Core Generasi ke-13 seri U.

Ditujukan untuk mobile seperti laptop dan 2 in 1, Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake untuk mobile menghadirkan peningkatan antara lain berupa jumlah core CPU dan frekuensi kerja alias clock CPU yang bisa lebih tinggi dari Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk mobile. Pasalnya, tidak semua SKU (stock keeping unit) akan hadir dengan jumlah core CPU dan frekuensi kerja CPU lebih tinggi. Seperti yang InfoKomputer beritakan sebelumnya saat pengumumannya di dunia, dibandingkan SKU Intel Core Generasi ke-12 untuk mobile yang digantikan, SKU Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile yang menggantikan ada yang memiliki jumlah core CPU yang sama, tetapi ada juga yang memiliki jumlah core CPU lebih banyak.

Ambil contoh Intel Core i9-13900HX dengan Intel Core i9-12900HX serta Intel Core i7-1360P dengan Intel Core i7-1260P. Intel Core i9-13900HX memiliki CPU yang mengandung P-core sebanyak delapan dan E-core sebanyak enam belas, sedangkan Intel Core i9-12900HX memiliki CPU yang mengandung P-core sebanyak delapan dan E-core sebanyak delapan. Selain itu, Intel Core i9-13900HX mempunyai CPU dengan frekuensi kerja sampai 5,4 GHz, sedangkan Intel Core i9-12900HX mempunyai CPU dengan frekuensi kerja sampai 5 GHz. Sementara, Intel Core i7-1360P dan Intel Core i7-1260P memiliki CPU yang sama-sama mengandung P-core sebanyak empat dan E-core sebanyak delapan. Namun, Intel Core i7-1360P mempunyai CPU dengan frekuensi kerja sampai 5 GHz, sedangkan Intel Core i7-1260P mempunyai CPU dengan frekuensi kerja sampai 4,7 GHz.

Seperti Intel Alder Lake untuk mobile, Intel Raptor Lake untuk mobile juga bisa dibilang dibagi ke dalam empat seri, yakni HX, H, P, dan U. Dengan kata lain Intel meluncurkan Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake HX, Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake H, Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake P, dan Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake U. Namun, saat mengumumkan Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile di dunia, seri HX adalah termasuk seri H.

Seri H merujuk pada base power yang paling tinggi, seri U merujuk pada base power yang paling rendah, dan seri P adalah yang memiliki base power yang berada di tengah-tengah. Intel Core Generasi ke-13 seri H mempunyai base power 45 W, Intel Core Generasi ke-13 seri P memiliki base power 28 W, dan Intel Core Generasi ke-13 seri U mempunyai base power 15 W. Adapun Intel Core Generasi ke-13 seri HX memiliki base power yang lebih tinggi lagi. Intel Core Generasi ke-13 seri HX mempunyai base power 55W. Intel pun menambahkan bahwa Intel Raptor Lake HX memiliki CPU dengan jumlah core sampai 24, Intel Raptor Lake H mempunyai CPU dengan jumlah core sampai 14, Intel Raptor Lake P memiliki CPU dengan jumlah core sampai 14, dan Intel Raptor Lake U mempunyai CPU dengan jumlah core sampai 10.

Pada SPECrate 2017 Integer, Intel Core i9-13950HX (salah satu SKU Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile) diklaim menawarkan peningkatan kinerja sampai 49% dibandingkan Intel Core i9-12900HK (salah satu SKU Intel Core Generasi ke-12 untuk mobile).

Lebih jelasnya mengenai Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake bisa dilihat di sini. Kala itu, Intel mengatakan bahwa Intel Raptor Lake menawarkan peningkatan kinerja CPU sampai 15% untuk single thread dan sampai 41% untuk multithread dibandingkan Intel Alder Lake. Sementara, aneka SKU Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile dan sejumlah detail lainnya bisa dibaca di sini. SKU yang tertinggi adalah Intel Core i9-13980HX dan diklaim sebagai prosesor mobile tercepat di dunia. Adapun untuk laptop yang ditenagai Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile, Intel menyebutkan bahwa tersedia lebih dari empat puluh desain dari para merek terkemuka seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, dan MSI. Harganya sendiri diklaim mulai lebih dari Rp10.000.000. Di e-commerce langganan penulis pun, laptop-laptop dengan Intel Raptor Lake, setidaknya sebagian, sudah tersedia.