Find Us On Social Media :

Kini Pengguna Lebih Senang Memakai ChatGPT Dibanding Google Search

By Adam Rizal, Minggu, 2 Juli 2023 | 09:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Google Search merajai pasar browser internet selama bertahun-tahun dan menjadi rujukan pengguna ketika ingin berselancar di Internet.

Namun, kini Google wajib waspada karena pengguna sudah tidak lagi menjadikan Google Search sebagai pilihan utama saat browsing Internet.

Tim Vox Media's Insights and Research dan perusahaan konsultan riset The Circus mengungkapkan kini pengguna lebih menggunakan chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT untuk menjawab pertanyaan dibanding menggunakan Google Search.

Penelitian itu mengambil sampel lebih dari 2.000 warga Amerika Serikat (AS).

"Sejauh ini pengguna hanya menggunakan sistem AI untuk menjawab pertanyaan. Kini ChatGPT, Microsoft Bing, dan Google Bard mampu menggantikan peran mesin pencari," tulis laporan itu seperti dikutip The Verge.

Laporan itu mengungkapkan mayoritas pengguna platform AI memanfaatkan teknologi chatbot AI untuk menjawab pertanyaan (68 persen) dan bertukar pikiran atau brainstroming (54 persen).

Ada banyak pula yang menggunakan teknologi AI untuk menciptakan sesuatu di luar kemampuan mereka, misalnya membuat karya seni. Penggunaan AI terkait foto sebanyak 37%, musik (31%), video (31%), desain (29%), membuat cerita (29%), hingga artwork (27%).

ChatGPT dkk tak banyak digunakan untuk kebutuhan profesional. Hanya 26% yang menggunakan AI untuk analisa data, email (25%), unggahan blog (19%), coding (18%), dan lirik (18%).

Tingkatkan Kualitas Pendidikan

OpenAI Hadirkan Fitur Plugin untuk Pengguna ChatGPT Plus.

Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Salah satu bidang yang mendapatkan manfaat besar adalah pendidikan. Dengan adanya inovasi baru seperti ChatGPT, sekarang ada cara baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu anak-anak belajar dengan lebih efektif.

ChatGPT, sebuah model bahasa alami cerdas yang dikembangkan oleh OpenAI, dapat menjadi mitra belajar virtual bagi anak-anak, membantu mereka dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan dengan cara yang menarik dan interaktif.