Find Us On Social Media :

Review MSI Cyborg 15 (A12VE-074ID): Kejar Performa dan Efisiensi Daya

By Dayu Akbar, Selasa, 4 Juli 2023 | 07:00 WIB

MSI Cyborg 15 (A12VE-074ID)

Meski prosesor Intel Core generasi ke-13 sudah mulai ramai digunakan, namun performa Intel Core generasi ke-12 yang mumpuni, masih menjadi andalan bagi beberapa seri laptop. Salah satunya digunakan oleh MSI Cyborg 15. Selain performa tinggi, harga jual yang lebih terjangkau dibanding generasi lebih baru, bisa jadi daya tarik tersendiri bagi pengguna yang punya budget ketat.

Unit yang kami ulas kali ini punya seri lengkap MSI Cyborg 15 A12VE-074ID yang dipersenjatai dengan Intel Core i7-1260H. Prosesor dengan nama kode Alder Lake ini memiliki total 10 cores (6P cores + 4E cores) dan 16 threads. Performance core yang sedikit lebih banyak menegaskan penggunaannya yang cocok untuk laptop gaming dan tetap mengedepankan efisiensi dengan 4E cores-nya.

Meski prosesornya menggunakan generasi sebelumnya, tidak dengan chip grafisnya yang sudah menggunakan NVIDIA GeForce RTX 4000 series. Dan seri yang digunakan yaitu RTX 4050 6 GB DDR5. Yang menarik, chip grafis tersebut memiliki MGP (Maximum Graphics Power) atau TGP (Total Graphics Power) yang tidak terlalu besar yaitu 45 watt saja.

Secara teori semakin besar TGP yang digunakan maka daya besar dan semakin tinggi performa grafisnya. Sementara GeForce RTX 4050 sendiri memiliki rentang TGP mulai dari 35 sampai 115 watt. Dan tiap brand bisa mengatur TGP tersebut sesuai dengan segmen yang mereka tuju.

Masing-masing engsel ditempatkan di pojok yang cukup fleksibel karena bisa ditekuk hingga kemiringan mencapai 180 derajat.

Dan bisa dilihat dari pemilihan prosesor dan chip grafis tersebut, MSI hendak menghadirkan laptop gaming entry level dengan performa mumpuni dan tetap efisien dalam penggunaan daya. Hal ini juga makin dipertegas dengan adaptornya yang memiliki output 125 watt saja dan berukuran cukup ringkas.

Untuk spesifikasi memori, RAM-nya punya kapasitas 16 GB DDR5-4800 MHz yang sudah terpasang dual channel. Sementara media penyimpanannya menggunakan SSD NVMe PCIe 4.0 x4 dengan kapasitas 512 GB. Dan MSI hanya menyediakan satu slot untuk SSD sehingga Anda tidak bisa menambah SSD lain jika dirasa kurang. Kecuali dengan mengganti SSD lama dengan yang baru berkapasitas lebih besar, atau terpaksa menggunakan penyimpanan eksternal. Mengenai performanya, SSD ini memiliki kecepatan baca mencapai 3600-an MB/s, dan kecepatan tulis dikisaran 2500-an MB/s.

Sebelum membahas performa secara keseluruhan, kita lihat terlebih dahulu desainnya. Secara umum, desainnya terlihat polos dan mirip dengan seri MSI sekelas lainnya. Jika dilihat lebih seksama, ada yang sedikit berbeda. Di beberapa bagian di buat tembus pandang atau yang disebut mereka dengan istilah translucent. Bagian ini terdapat pada keyboard dan casis di sisi belakang, sedikit di tepi atas layar, dan sebagian sisi bawah. Dengan penggunaan material dan desain ini menjadikan MSI Cyborg 15 salah satu laptop gaming dengan bobot ringan yaitu di bawah 2 kg atau tepatnya 1,98 kg.

Keyboardnya memiliki backlight warna biru dengan tiga tingkat kecerahan, sementara area numpad tetap ada meski ukuran tombolnya dibuat lebih kecil.

Dengan desain tersebut, MSI Cyborg 15 mengambil tema bergaya Cyberpunk. Hal ini juga dipertegas dengan backlight warna biru pada bagian keyboard. Keyboard-nya punya ukuran full-size, lengkap dengan area numpad yang memiliki ukuran tombol lebih kecil. Sementara tombol AWSD dan Power dibuat transparan serta tombol panah tombol fungsi yang memiliki fungsi ganda.

Bidik entry level, layar yang digunakan menggunakan panel IPS-level yang artinya masih memiliki kualitas dibawah IPS murni. Untuk bermain game kekinian layarnya sudah nyaman, apalagi resolusi full HD dengan refresh rate 144 Hz yang ideal untuk game-game dengan pergerakan cepat seperti bergenre FPS (first person shooter). Namun kurang cocok untuk content creator atau pengguna yang butuh visual dengan akurasi warna tinggi.

Dengan desain yang terinspirasi dari Cyberpunk, Cyborg dilengkapi dengan chassis semi-transparan (translucent) di beberapa bagian yang menciptakan efek tembus pandang dari bagian luar. (dok.MSI)