Find Us On Social Media :

Begini Cara GrabJobs Menerapkan Teknologi AI di Platform Kariernya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 14 Juli 2023 | 15:15 WIB

Ilustrasi GrabJobs

Platform karier global yang berbasis di Singapura, GrabJobs, telah mengadopsi teknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan untuk meningkatkan proses pencarian kerja, dengan tujuan mempercepat proses pencarian lowongan hingga penerimaan kerja bagi individu di seluruh dunia.

Kemampuan AI dari GrabJobs menghadirkan teknologi praktis untuk membantu pencari kerja dalam menyusun surat lamaran kerja yang menarik, sekaligus menawarkan manajemen proses rekrutmen yang lebih baik kepada perusahaan sebagai pemberi kerja.

CEO & Co-Founder GrabJobs Emmanuel Crouy menyebutkan, GrabJobs akan terus berinovasi di bidang AI dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja global yang terus berkembang.

“Kami sangat senang memperkenalkan fitur-fitur berbasis AI yang dapat menyederhanakan proses perekrutan, baik bagi pencari kerja maupun pemberi kerja,” kata Emmanuel.

Fitur AI untuk Pencari Kerja

Fitur AI dari platform GrabJobs salah satunya adalah Cover Letter Generation yang memungkinkan pencari kerja membuat surat pengantar yang dipersonalisasi secara efisien, dengan tujuan memfasilitasi kesan awal yang cepat pada calon pemberi kerja.

Ada juga fitur Work History Generation yang dapat membantu pencari kerja menyusun daftar tugas dan pencapaian dari pengalaman kerja sebelumnya dengan cepat. Hal ini berpotensi meningkatkan kualitas dan efisiensi keseluruhan resume mereka.

Selain itu, fitur canggih Alat Pembuatan CV memungkinkan pencari kerja untuk menjawab pertanyaan wawancara melalui Chatbot, yang kemudian menghasilkan CV yang komprehensif. Proses ini bertujuan untuk menghemat waktu dan berpotensi meningkatkan kualitas lamaran pekerjaan.

GrabJobs juga telah memperkenalkan plugin untuk ChatGPT, yang bertujuan untuk menawarkan rekomendasi pekerjaan yang dipersonalisasi dan merampingkan proses aplikasi untuk pencari kerja sekaligus memberikan perusahaan sebagai pemberi kerja proses rekrutmen yang lebih sederhana.

Fitur AI untuk Perusahaan

Solusi AI GrabJobs juga menawarkan fitur yang dirancang untuk mengoptimalkan proses rekrutmen bagi pemberi kerja.

Fitur andalan yang paling favorit bagi perusahaan pemberi kerja adalah Interview Chatbot yang dapat menyaring setiap pelamar dan secara otomatis merekomendasikan kandidat terbaik.