Find Us On Social Media :

Pakai Lima Software AI, Buat Presentasi Jadi Cepat & Mudah

By Liana Threestayanti, Minggu, 16 Juli 2023 | 17:40 WIB

Membuat presentasi bisa sangat memakan waktu dan melelahkan. Di sinilah software pembuat presentasi (presentation maker) berbasis artificial intelligence (AI) dapat berperan. 

Mampu menghasilkan presentasi dalam waktu relatif singkat dan dengan mudah, tool AI ini digadang-gadang sebagai game changer. Dengan mengetikkan prompt berupa teks, kita dapat membuat presentasi yang mengesankan, desainnya maupun kontennya, dengan cepat. 

Terpangkasnya waktu pembuatan presentasi ini memberikan keleluasaan waktu yang lebih besar untuk melakukan hal-hal yang lebih bernilai, seperti melakukan riset dan mencari ide. Apa saja keuntungan dari penggunaan AI presentation maker/generator ini?

Inilah lima software pembuat presentasi berbasis AI yang dapat Anda coba.

1. Beautiful.ai

Beautiful.ai menawarkan pembuatan presentasi dengan tampilan profesional yang menawan dalam waktu singkat.

Pengembang software ini menggadang-gadang Beautiful.ai dapat membuat presentasi 10x lebih cepat daripada jika menggunakan presentation maker biasa.  

Software ini ditenagai Design AI yang menggunakan machine learning dan NLP untuk mengidentifikasi elemen-elemen utama pada presentasi dan menerapkan prinsip-prinsip desain secara otomatis. 

Beautiful.ai akan secara otomatis menempatkan ikon, menyesuaikan nuansa warna presentasi, dan lain-lain. Pengguna tidak perlu membuat presentasi dari nol karena Beautiful.ai datang dengan smart template. Animasi dan transisi antarslide akan secara otomatis ditambahkan oleh software. 

Software ini juga menyediakan bot AI bernama Designer Bot untuk membantu pengguna membuat draft awal maupun keseluruhan presentasi. Namun perlu diingat, bot AI ini baru bisa kita gunakan setelah kita mengupgrade ke versi Pro.

Designer Bot ditenagai oleh teknologi a la ChatGPT dari OpenAI. Untuk membuat presentasi dengan bantuan bot AI ini, pengguna cukup memberikan deskripsi tentang topik presentasi yang akan dibuat. Dan dalam hitungan detik, Beautiful.ai akan menyajikan sejumlah slide lengkap dengan teks yang relevan dengan topik. 

Tentu saja presentasi yang disajikan Designer Bot belum sempurna dan memerlukan tweaking lebih lanjut baik dari sisi konten maupun desain. Namun setidaknya, kita sudah memiliki draft awal sehingga mempercepat pembuatan presentasi.