Find Us On Social Media :

Siap Masuki Kompetisi AI Generatif, Apple Uji Chatbot Mirip ChatGPT

By Liana Threestayanti, Kamis, 20 Juli 2023 | 20:53 WIB

Apple dikabarkan sedang mengembangkan tool AI yang disiapkan untuk bersaing dengan ChatGPT, Bard, dan tool AI lainnya. (ilustrasi: Apple)

Apple dikabarkan diam-diam sedang mengembangkan tool artificial intelligence (AI) yang disiapkan untuk bersaing dengan ChatGPT, Bard, dan tool AI lainnya. 

Laporan Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan bahwa Apple sedang menguji chatbot AI mirip ChatGPT di lingkungan internal perusahaan. Chatbot yang dipanggil dengan sebutan Apple GPT oleh para karyawan Apple ini digunakan untuk membantu proses product prototyping. Chatbot ini dimanfaatkan untuk meringkas teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan data yang ia pelajari.

Seiring kabar itu, saham Apple naik sekitar 1% dalam paruh pertama perdagangan Wall Street, Rabu waktu setempat, seperti dikutip dari CNBC Indonesia. Saham Apple diberitakan sempat menyentuh angka US$198 atau setara Rp29,62 juta per lembar.

Peluncuran chatbot ini di internal Apple sempat dihentikan sementara waktu karena masalah keamanan AI generatif. Setelah itu, Apple menambah jumlah karyawan yang bisa mengakses chatbot tersebut, melalui persetujuan khusus. 

Namun, menurut laporan Bloomberg, apa pun output yang diberikan chatbot ini tidak bisa digunakan untuk mengembangkan fitur-fitur yang terkait pelanggan Apple.   

Selain itu, laporan Bloomberg juga menyebutkan, Apple juga telah membangun framework AI yang dinamai Ajax. Ajax berjalan di Google Cloud dan dikembangkan di atas framework machine learning Google JAX.

Dengan framework AI Ajax sebagai fondasi, Apple mengembangkan large language model (LLM) sebagai basis untuk tool-tool internal mirip ChatGPT dan Bard. 

Apple juga dikabarkan giat mencari talenta AI generatif, terlihat dari job posting yang diunggah ke halaman karier Apple. Raksasa teknologi ini sedang mencari engineer yang memilik pemahaman kuat mengenai LLM dan AI generatif. 

Tidak seperti Google, Microsoft, dan Meta, Apple terkesan senyap untuk urusan AI generatif. Meski begitu Apple tidak ketinggalan dalam urusan fitur artificial intelligence di produk-produk dan aplikasinya, misalnya pada asisten suara Siri dan headset mixed reality Vision Pro 

Saat ini Apple juga fokus pada isu-isu privasi di seputar AI. CEO Apple, Tim Cook, menegaskan bahwa meskipun Apple akan menambahkan AI ke lebih banyak penawarannya, hal itu akan dilakukan dengan "dasar yang bijaksana", seperti dikutip dari Bloomberg via Tech Crunch.