Find Us On Social Media :

Ketahui, Inilah Tips Melindungi Smartphone Anda Agar Aman dari Hacker

By Rafki Fachrizal, Senin, 28 Agustus 2023 | 14:15 WIB

Ilustrasi Pengguna Smartphone

Smartphone (ponsel pintar) kini menjadi perangkat wajib yang dimiliki banyak orang untuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari.

Mulai dari berkomunikasi dengan orang lain, mendapatkan informasi terbaru, hingga hiburan seperti bermain game dan menonton film bisa dilakukan melalui smartphone.

Di sisi lain, memastikan keamanan smartphone tentunya menjadi hal penting mengingat perangkat ini menyimpan banyak informasi pribadi, data sensitif, dan hal lainnya.

Hal itu mengingat para hacker (peretas) atau penjahat siber kini semakin canggih dalam melakukan serangan dan tentunya menjaga keamanan smartphone tidak boleh luput dari perhatian kita.

Nah, berikut ini kiat-kiat praktis untuk melindungi smartphone dari serangan siber sebagaimana dikutip dari Gizchina.

1. Gunakan Password dan Biometrik yang Kuat dan Unik

Langkah pertama dan paling penting untuk melindungi smartphone Anda dari hacker adalah menguncinya saat tidak digunakan.

Tetapkan password (kata sandi) atau PIN untuk membukanya. Gunakan password setidaknya 6 digit. Anda juga bisa menggunakan sidik jari, retina mata, atau wajah untuk membuka kunci layar smartphone.

Selain mengunci smartphone Anda, gunakan juga PIN atau pola string. Aktifkan metode otentikasi biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah untuk lapisan keamanan tambahan.

2. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi Secara Teratur

Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi di smartphone untuk menambal kerentanan keamanan. Pembaruan perangkat lunak sangat penting untuk keamanan smartphone Anda.

Pembaruan ini sering kali menyertakan tambalan keamanan yang memperbaiki kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh hacker.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperbarui perangkat lunak di smartphone Anda