Find Us On Social Media :

Jawab Kekhawatiran Soal Keamanan Data, OpenAI Rilis ChatGPT Enterprise

By Liana Threestayanti, Rabu, 30 Agustus 2023 | 13:00 WIB

OpenAI merilis ChatGPT versi Enterprise yang dijanjikan akan melindungi data perusahaan seiring antusiasme perusahaan untuk memanfaatkan si chatbot AI tersebut tapi khawatir dengan keamanan dan privasi data. 

Melalui postingan di blognya, OpenAI menjelaskan bahwa ChatGPT Enterprise mengusung keamanan dan privasi yang lebih baik, akses cepat dan tanpa batas ke GPT-4, dan dan analisis data yang lebih canggih. Dengan kemampuan tersebut, perusahaan diharapkan dapat memperoleh informasi dengan lebih cepat dan dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan yang lebih kompleks ke ChatGPT.

Isu yang selama ini menjadi pertanyaan pengguna ChatGPT, terutama dari kalangan enterprise, adalah keamanan dan privasi data. Mereka khawatir data-data yang mereka umpankan ke ChatGPT akan digunakan untuk melatih chatbot AI tersebut. Kekhawatiran lainnya adalah potensi tereksposnya informasi dan data sensitif terkait pelanggan perusahaan ke model-model AI. 

Pada ChatGPT versi enterprise ini, menurut keterangan OpenAI, pengguna akan memiliki kontrol dan kepemilikan terhadap data-data mereka, dan data tersebut sama sekali tidak akan digunakan untuk melatih model-model AI generatif milik OpenAI.

OpenAI juga menjanjikan fitur-fitur lain pada ChatGPT Enterprise akan segera dirilis, seperti fitur kustomisasi pengetahuan ChatGPT mengenai perusahaan penggguna dan lebih banyak tool advanced analytics. Selain itu OpenAI juga menyebutkan akan segera menawarkan opsi harga ChatGPT Enterprise untuk kebutuhan tim yang jumlahnya lebih sedikit. 

Bagi perusahaan yang sudah menggunakan ChatGPT bisa tetap menggunakan chatbot AI tersebut dengan opsi yang mereka pilih. Tapi jika ingin mengakses fitur-fitur baru, pengguna dapat beralih ke ChatGPT Enterprise. 

Saat ini, organisasi dan perusahaan telah membangun tool AI generatifnya menggunakan OpenAI dan GPT-4. Namun kebanyakan dari perusahaan ini memilih untuk terhubung dengan GPT-4 melalui API atau cloud. Beberapa perusahaan lainnya memilih untuk mengembangkan sendiri sistem berbasis LLM karena mereka tidak ingin datanya diikutsertakan dalam latihan GPT. Namun pilihan ini mungkin sulit diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang lebih kecil. 

Apa saja yang ditawarkan OpenAI melalui ChatGPT Enterprise kepada para pelanggan enterprise?

Keamanan dan privasi berkelas enterprise

Fitur-fitur untuk deployment yang berskala lebih besar

Versi ChatGPT tercanggih saat ini

Baca juga: Makin Akurat, OpenAI Latih ChatGPT dengan Konten Novel Harry Potter

Baca juga: Ternyata Microsoft Ikut Intip Percakapan Pengguna Chatbot AI Bing Chat