Find Us On Social Media :

Dukung Bisnis RI Berdayakan Data, FICO Hadirkan Analitik Canggih via Cloud

By Liana Threestayanti, Selasa, 29 Agustus 2023 | 19:36 WIB

Platform advanced analytics berbasis cloud, FICO, hari ini (29/8) resmi tersedia bagi para pengguna di Indonesia. (Foto ki-ka: Aashish Sharma, Risk Lifecycle and Decision Management Lead, & Dattu Kompella, Managing Director FICO Asia Pacific

Platform advanced analytics berbasis cloud, FICO, hari ini (29/8) resmi tersedia bagi para pengguna di Indonesia. 

Teknologi yang dihadirkan di Platform FICO® disiapkan untuk menyokong lanskap bisnis di tanah air melalui penyediaan advanced analytics (analisis tingkat lanjut) dan kemampuan artificial intelligence (AI) guna meningkatkan pertumbuhan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan memungkinkan transformasi perusahaan.

Dattu Kompella, Managing Director FICO Asia Pacific, menjelaskan bahwa Platform FICO adalah solusi decision management. “(Solusi) kami memungkinkan perusahaan dan organisasi mengambil keputusan yang tepat, misalnya di sektor perbankan. Solusi kami meliputi data, analytics, wawasan (insight), dan keputusan (decision),” jelasnya.

Sementara Aashish Sharma, Risk Lifecycle and Decision Management Lead, FICO Asia Pacific mengibaratkan Platform FICO sebagai “otak” dari bank, yang akan membantu bank menjawab pertanyaan-pertanyaan penting dan strategis bagi bisnis, misalnya “apa yang harus dilakukan selanjutnya bagi nasabah?”

Langkah FICO menghadirkan solusi ini di Indonesia tak lepas dari dinamika lanskap bisnis di tanah air dan potensi kebutuhan akan analitik yang canggih. “Dengan Platform FICO®, bisnis lokal dapat memperoleh wawasan yang tak ternilai, mengoptimalkan operasional, mencapai hasil bisnis yang berdampak, memperkuat hubungan dengan pelanggan, mendorong laju transformasi digital untuk tetap kompetitif, dan meningkatkan pertumbuhan—mencerminkan kesuksesan yang diraih oleh para pelanggan kami di berbagai wilayah dan di seluruh dunia,” jelas Dattu Kompella.

LJK Indonesia Siap Implementasikan Advanced Analytics

Sebagai informasi, berdasarkan studi terbaru Forrester Consulting yang diprakarsai oleh FICO, terungkap bahwa 84% responden di Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan strategi analisis tingkat lanjut (advanced analytics) dalam 12 bulan ke depan. Fakta ini tentu sejalan tren peran data yang dinilai semakin penting bagi bisnis.

Dalam presentasinya, Dattu Kompella juga menjelaskan bahwa lebih dari 60% organisasi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di Indonesia mengutarakan keinginan mereka untuk mengimplementasikan platform enterprise untuk datanya. 

Studi ini juga menyoroti sejumlah kendala teknologi yang dihadapi oleh LJK di Indonesia, di antaranya integrasi solusi (77%) dan teknologi legacy (77%). Hambatan lain adalah menemukan model AI/ML/advanced analytics yang sesuai (75%).

Baca juga: Mayoritas LJK Siap Adopsi Advanced Analytics, FICO: Ini Kendalanya

Unified Platform, Berbasis Cloud

Bagaimana Platform FICO menjawab berbagai tantangan tersebut? Aashish Sharma menjelaskan bahwa solusi ini merupakan sebuah unified platform yang memungkinkan LJK di Indonesia menyajikan pengalaman yang mulus bagi pelanggan atau nasabah saat menggunakan produk atau layanan apa saja dari perbankan.

“Misalnya, bank mampu mengidentifikasi dengan tepat nasabah yang memiliki risiko rendah dan memberikan benefit yang tepat bagi nasabah tersebut,” jelasnya. 

Selanjutnya, menurut Aashish Sharma, platform ini mengusung berbagai kapabilitas yang meliputi empat pilar, yaitu data, insight, action, dan outcome, untuk berbagai use case dalam customer lifecycle.

Hal penting lain yang disoroti FICO adalah kemampuan menyajikan customer journey pada skala yang sesuai kebutuhan. “Oleh karena itu, kami sangat senang menyampaikan bahwa Platform FICO yang diluncurkan di Indonesia hari ini tersedia di cloud,” jelas Aashish. Sebagai informasi, solusi FICO ini berjalan di atas infrastruktur global milik AWS.

Beberapa manfaat utama Platform FICO®  bagi bank dan LJK di Indonesia, seperti kecepatan. Bank dan LJK dapat segera menjalankan proyeknya karena proses instalasi dalam hitungan minggu. 

Sementara pengetahuan pasar dan wawasan tentang nasabah yang diperoleh dari platform ini memungkinkan pemimpin bisnis menghasilkan pilihan yang lebih cerdas, melakukan kolaborasi yang lebih luas, dan siklus pembelajaran yang lebih cepat untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Superbank Jangkau Populasi Unbanked

Salah satu pengguna Platform FICO® di Indonesia adalah Superbank, sebuah bank baru yang didukung oleh Grab, Emtek, dan Singtel. Platform ini digunakan Superbank untuk memanfaatkan sumber daya data, teknologi, dan jaringannya yang luas untuk melayani masyarakat yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia dengan menyediakan produk keuangan yang sederhana, transparan, dan fleksibel.

“Dengan memanfaatkan kemampuan pengambilan keputusan yang nyaris instan dari Platform FICO®, kami akan memiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk beroperasi setelah kami menyelesaikan transformasi kami menjadi bank dengan layanan berbasis digital,” kata Sukiwan, Chief Business Officer Superbank.