Find Us On Social Media :

Beroperasi Sejak Lama, Ini Peran Penting Pabrik Intel di Malaysia

By Rafki Fachrizal, Selasa, 12 September 2023 | 17:20 WIB

Ilustrasi Pabrik Intel di Malaysia.

Pada tahun 1972, perusahaan semikonduktor Intel mendirikan pabrik perakitan produknya di Pulau Penang, Malaysia. Pabrik di Pulau Penang tersebut merupakan pabrik pertama Intel di luar Amerika Serikat. Pabrik itu sendiri menjadi titik awal didirikannya pabrik Intel di negara Melaysia.

Ketika awal didirikan, pabrik Intel di Pulau Penang hanya memiliki beberapa gedung dan mempekerjakan sebanyak 100 orang pekerja. Kini, pabrik tersebut telah menjelma menjadi kompleks besar, memiliki belasan ribu pekerja, dan menjadi salah satu pabrik andalan Intel.

Selain di Pulau Penang, Intel juga memiliki pabrik lainnya di Malaysia yang berlokasi di Kulim. Secara rinci, beberapa titik pabrik Intel di Pulau Penang dan Kulim di antaranya Penang Assembly Test (PGAT), Kulim Assembly Test (KuAT), Kulim Die Sort Die Prep (KMDSDP), dan System Integration and Manufacturing Services (SIMS).

Intel juga tengah membangun dua pabrik lainnya yaitu Pelican (Advanced Packaging) dan Falcon (Assembly Test) yang ditargetkan rampung dalam beberapa tahun ke depan.

Saat ini, seluruh pabrik Intel di Malaysia memiliki total 15.000 orang pekerja dan menjadi tempat untuk memproduksi produk semikonduktor teranyar Intel, yaitu Meteor Lake, yang ditargetkan meluncur dalam waktu dekat ini.

Kedua pabrik Intel di Malaysia fokus dalam beberapa hal seperti product design, product development, advanced packaging, die prep & sort, assembly & test, board & system integration, technology development, failure analysis, dan lainnya.

“Perakitan, pengujian, validasi, rekayasa, pengembangan riset, penjualan, pemasaran, semua yang dilakukan Intel dimulai di sini, di Malaysia, semuanya ada di sini. Itu adalah bagian dari alasan kami memilih di sini. Selain itu, Malaysia adalah yang pertama. Ini adalah lokasi (pabrik Intel) lepas pantai pertama di luar Amerika Serikat lebih dari 50 tahun yang lalu. Tepatnya 51 tahun,” kata Steve Long (Corporate Vice President SMG, General Manager of Asia Pasific and Japan, Intel), dalam keynote speech-nya di Intel Tech Tour 2023.

Pabrik Intel di Malaysia diketahui memang memiliki peran penting dalam memproduksi produk semikonduktor Intel. Berdasarkan data internal, pabrik Intel di Malaysia telah melakukan lebih dari 500 juta die sorted sejak 2020, lebih dari 500 tester board types, dan lebih dari 1,2 miliar unit sejak 10 tahun terakhir.

“Pabrik kami di Malaysia merupakan bagian penting dari rantai pasokan kami yang terdiversifikasi secara global,” ucap Steve.

Di wilayah Asia, selain di Malaysia, Intel diketahui juga memiliki pabrik lainnya yang berlokasi di Vietnam (Assembly/Testing) dan Chengdu (Assembly/Testing).

Tiga Fokus Utama Intel Saat Ini

Dalam rekaman video yang diputar pada Intel Tech Tour 2023, Pat Gelsinger (CEO, Intel), mengungkapkan bahwa untuk memenuhi permintaan semikonduktor yang tidak pernah terpuaskan dan untuk kembali ke posisi terdepan, Intel akan fokus pada tiga hal utama.

“Pertama, mendorong batas-batas dari apa yang mungkin dilakukan melalui rekayasa yang luar biasa, sehingga Anda dapat memberikan kinerja yang Anda butuhkan di mana pun Anda membutuhkannya. Kedua, merangkul peluang tanpa batas melalui inovasi kolaboratif sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang di bidang komputasi dan AI,” papar Pat.