Find Us On Social Media :

Kembangkan AI Generatif, Rusia Kenalkan Superkomputer MSU-270

By Adam Rizal, Selasa, 5 September 2023 | 17:00 WIB

Rusia Kenalkan Superkomputer MSU-270

Lomonosov Moscow State University (MSU) Rusia baru saja mengoperasikan Superkomputer MSU-270 yang menawarkan kekuatan komputasi puncak 400 PetaFLOPS.

Rusia akan menggunakan Superkomputer itu untuk berbagai aplikasi dalam kecerdasan buatan (AI) dan komputasi kinerja tinggi (HPC), termasuk melatih model AI yang besar.

Superkomputer MSU-270 itu dikembangkan berdasarkan sekitar 100 akselerator grafis terbaru dan sistem baru untuk pasokan energi, pendinginan, dan komunikasi. Viktor Sadovnichy (Rektor MSU) mengatakan proyek superkomputer MSU-270 telah diluncurkan dan saat ini sudah beroperasi.

"Ini adalah bagian dari rencana jangka panjang MSU untuk mencapai berbagai kemajuan pada 2030," ujarnya.

Superkomputer itu menggunakan GPU komputasi dari berbagai perusahaan seperti AMD, Biren Technology, Intel, atau Nvidia, asal sumber GPU-nya tidak disebutkan secara spesifik.

MSU-270 akan diintegrasikan ke dalam jaringan pusat superkomputer ilmiah Rusia yang umum, sehingga dapat digunakan di luar lingkungan MSU.

Penggunaan superkomputer ini akan mencakup pengembangan alat berdasarkan AI, termasuk algoritma untuk analisis data yang kompleks serta metode untuk melindungi layanan AI.

Selain dalam AI, superkomputer ini akan mendukung penelitian di berbagai bidang, termasuk fisika, kimia, biologi, psikologi, sosiologi, geologi, dan kedokteran.

Tidak hanya untuk penelitian, MSU-270 juga akan berperan penting dalam pendidikan dan pelatihan spesialis dalam bidang kecerdasan buatan.

Tantang ChatGPT

Ilustrasi ChatGPT

Perusahaan teknologi asal Rusia, Sber, memperkenalkan platform artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan GigaChat yang akan menantang kedigdayaan chatbot AI ChatGPT.