Find Us On Social Media :

Perfect Corp. Andalkan AI untuk Dorong Inovasi di Industri Kecantikan

By Rafki Fachrizal, Rabu, 6 September 2023 | 19:40 WIB

Ilustrasi Penerapan Solusi AI Besutan Perfect Corp. di Brand Kecantikan.

Kehadiran teknologi AI (artificial intelligence) kini telah merubah cara perusahaan di dunia dalam menawarkan produk atau layanan ke konsumen. Ambil contoh perusahaan dari industri kecantikan dan fesyen.

Salah satu implementasi teknologi AI di banyak perusahaan di industri ini yaitu menyediakan Virtual Try On (uji coba virtual). Singkatnya, uji coba virtual akan memungkinkan konsumen untuk mencoba produk secara digital sebelum mereka memutuskan membelinya.

Untuk menerapkan teknologi AI seperti itu, perusahaan kecantikan dan fesyen biasanya akan bekerja sama dengan perusahaan teknologi. Saat ini, perusahaan teknologi yang fokus menyediakan solusi AI khusus untuk perusahaan kecantikan dan fesyen adalah Perfect Corp.

Dalam wawancara eksklusif bersama InfoKomputer, Alice Chang selaku CEO dan Founder Perfect Corp. mengatakan, perusahaan yang didirikannya merupakan penyedia solusi teknologi kecantikan dan fesyen berbasis AI yang dapat membantu sebuah brand (merek) meningkatkan pengalaman berbelanja yang inovatif bagi para pelanggannya.

“Kami bekerja sama dengan merek kecantikan dan fesyen untuk mengintegrasikan penawaran produk mereka ke dalam pengalaman uji coba virtual, sehingga memberikan hasil yang nyata bagi konsumen,” ujar Alice.

Teknologi AI yang dimiliki Perfect Corp. juga mendukung uji coba virtual yang dipersonalisasi menggunakan teknologi AR (augmented reality) untuk memberikan representasi yang akurat tentang bagaimana produk akan terlihat dalam kehidupan nyata.

Dijelaskan Alice, Perfect Corp. tidak hanya menyediakan ragam solusi AI yang komprehensif untuk berbagai kategori uji coba virtual, namun juga menyediakan rangkaian fitur yang jauh lebih canggih dari tiap kategori.

“Perfect Corp. menjadi satu-satunya perusahaan yang menyediakan solusi AI di bidang teknologi kecantikan, kulit, dan fesyen. Sebagai contoh, kami menjadi pemimpin di segmen pasar dengan rangkaian dukungan tekstur terluas untuk menciptakan pengalaman riasan virtual yang paling nyata,” tutur Alice.

“Selain itu, kami juga menyediakan fitur analisis masalah kulit paling komprehensif yang mencakup  hingga 14 jenis analisis kulit. Dalam hal uji coba fesyen/perhiasan virtual, teknologi kami tidak tertandingi dalam memberikan pengalaman uji coba virtual yang lancar untuk cincin, jam tangan, gelang, kalung, anting, dan kacamata,” sambungnya.

Cara Perfect Corp. Mengembangkan Solusi Berbasis AI

Dalam mengembangkan solusi AI-nya, Perfect Corp. mengumpulkan dan memanfaatkan data untuk melatih algoritme AI. Perfect Corp. diketahui menggunakan dataset gambar dari pihak ketiga untuk mengembangkan algoritme AI-nya. Perusahaan juga mengatakan bahwa dataset yang dikumpulkan hanya digunakan untuk pengembangan solusi AI dan terjamin keamanannya.

“Kami menyiapkan dataset khusus dan independen dari sumber eksternal hanya untuk tujuan pengembangan. Data pengguna tidak pernah dikumpulkan dari aplikasi consumer apps atau enterprise solutions kami tanpa persetujuan dari pengguna,” ucap Alice.

Lebih lanjut, dalam mengembangkan solusi AI, Perfect Corp. juga menemukan tantangan tersendiri. Salah satu tantangan tersebut seperti harus terus melatih algoritme AI supaya tangguh dalam menangani beragam fitur wajah, warna kulit, dan kondisi pencahayaan. Untuk mengatasi tantangan ini, membutuhkan pengumpulan data, anotasi, dan penyempurnaan algoritme yang komprehensif.