Find Us On Social Media :

Tencent Luncurkan Hunyuan, Large Foundation Model Paten Milik Sendiri

By Adam Rizal, Sabtu, 9 September 2023 | 09:00 WIB

Tencent Luncurkan Hunyuan, Large Foundation Model dengan Paten Milik Sendiri

Tencent meluncurkan foundation model miliknya, Hunyuan pada acara Global Digital Ecosystem Summit, yang diadakan pada 7 November 2023 di Shenzhen.

Kini, model tersebut telah tersedia bagi perusahaan di China untuk menguji dan membangun aplikasi melalui API di Tencent Cloud.

Perusahaan di China kini dapat mengakses Hunyuan melalui platform cloud publik Tencent dan menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Platform ini memiliki kemampuan pemrosesan bahasa Mandarin yang cerdas, penalaran logis yang canggih, dan dilengkapi dengan kemampuan eksekusi tugas yang andal.

Dowson Tong, Senior Executive Vice President Tencent dan CEO Tencent Cloud & Smart Industries Group (CSIG) mengatakan Foundation model Tencent ini mendukung beragam fungsi, mencakup proses pembuatan gambar, penulisan, pengenalan teks, layanan pelanggan, dan masih banyak lagi.

"Fungsi-fungsi ini akan sangat penting dalam industri-industri utama seperti industri keuangan, layanan publik, media sosial, e-commerce, transportasi, game, dan masih banyak lagi," katanya dalam siaran persnya.

Hal ini mampu mendorong banyak perusahaan untuk membangun alat-alat yang canggih serta melatih large model besar unik mereka sendiri yang merupakan turunan dari Model-as-a-Service (MaaS) Tencent, dan telah diperkenalkan pertama kali pada bulan Juni tahun ini.

MaaS menyediakan large model yang ekonomis dan dirancang khusus untuk industri tertentu dan dapat menampilkan lebih dari 50 solusi yang mencakup 20 industri besar.

Terobosan ini telah menciptakan siklus yang baik di mana perusahaan dapat menyempurnakan large model mereka dengan Hunyuan untuk menciptakan layanan cerdas dan unik di seluruh operasional mereka.

Hunyuan juga telah terhubung dengan 50 produk Tencent, termasuk Tencent Cloud, Tencent Advertising, Tencent Games, Tencent Fintech, Tencent Meeting, Tencent Docs, Weixin Search, QQ Browser, dan produk-produk inti lainnya. Berikut adalah contoh penerapannya:

Tencent Meeting kini dilengkapi dengan asisten AI yang didukung oleh Hunyuan dan dapat melakukan tugas-tugas kompleks seperti membuat notulen rapat yang sesuai, dengan menggunakan instruksi bahasa yang natural dan mengikuti permintaan pengguna.

Tencent Docs, yang kini telah terintegrasi dengan Hunyuan, dapat memproses beragam skenario pembuatan teks, dan menghasilkan teks dengan format standar hanya dengan satu klik.