Find Us On Social Media :

Ant Group Kenalkan Model AI untuk Bantu Investasi Keuangan dan Saham

By Adam Rizal, Selasa, 12 September 2023 | 16:30 WIB

Ant Group

Ant Group, perusahaan fintech milik Alibaba meluncurkan model artificial intelligence (AI) kecerdasan buatan khusus layanan finansial.

Model AI buatan Ant Group itu tersebut adalah salah satu dari sekitar 130 model AL yang diluncurkan oleh perusahaan China.

Sebelumnya, pemerintah China mengatur ketat pengembangan dan penggunaan teknologi AI di negaranya dan setiap pengembangan AI harus mendapat izin terlebih dahulu.

Ant Group adalah perusahaan fintech yang terafiliasi dengan Alibaba Group. Alibaba memiliki aplikasi pembayaran Alipay yang punya 1 miliar pengguna di seluruh dunia.Tencent, Xiaomi, dan Alibaba sudah lebih dulu mengumumkan model AI milik mereka pada April.

Ant menyatakan bahwa model AI mereka telah diuji coba di dua aplikasi milik perusahaan, yaitu aplikasi wealth management dan platform asuransi.

Aplikasi yang dinamakan Zhixiaobao 2.0 akan memberikan penggunanya tips investasi dan diklaim punya kemampuan analisis pasar dan logika setara profesional.

Zhixiaozhu 1.0 dapat melakukan berbagai "tugas" terkait bisnis untuk profesional di bidang keuangan seperti analisis investasi dan "mengais" informasi. Ant menyatakan aplikasi ini baru tersedia untuk konsumen setelah disetujui regulator.

Alibaba Cloud Mulai Melakukan Uji Coba Chatbot AI Tongyi Qianwen.

Persaingan di dunia pengembangan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan makin panas.  Kali ini Alibaba memperkenalkan model AI terbaru yang dapat menginterpretasi gambar dan memahami percakapan yang lebih kompleks.

Alibaba akan menghadirkan dua model terbaru bernama Qwen-VL dan Qwen-VL-Chat dengan open-source.

Para peneliti, akademisi, dan perusahaan di seluruh dunia dapat mengembangkan aplikasi AI tanpa perlu melatih sistem dari awal, sehingga menghemat waktu dan biaya yang diperlukan.

Qwen-VL mampu menjawab pertanyaan secara terbuka berdasarkan berbagai jenis gambar dan menghasilkan deskripsi gambar yang relevan. Di sisi lain, model Qwen-VL-Chat dapat mengatasi interaksi yang lebih "kompleks,".