Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Thunderbolt 5, Tawarkan Transfer Data Super Cepat

By Adam Rizal, Rabu, 13 September 2023 | 15:00 WIB

Thunderbolt 5

Intel memperkenalkan Thunderbolt 5 yang menawarkan peningkatan besar dalam kecepatan dan kemampuan transfer data serta layar dibandingkan dengan pendahulunya, Thunderbolt 4.

"Thunderbolt 5 memenuhi standar USB 80Gbps, yang akan mendukung layar generasi berikutnya, penyimpanan, dan konektivitas berkinerja tinggi," kata Ian LeGrow, Wakil Presiden Manajemen Produk Core OS di Microsoft Corp.

Dikutip dari Neowin, Thunderbolt 5 mampu memberikan daya kepada beberapa monitor dengan resolusi 8K, cocok bagi para kreator konten.

Selain itu, teknologi itu juga dapat menangani monitor dengan kecepatan refresh hingga 540Hz yang biasa digunakan dalam gaming kelas atas.

Intel mengumumkan bahwa Thunderbolt 5 akan menghadirkan bandwidth dua kali lipat dibandingkan dengan Thunderbolt 4 saat ini ketika digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal seperti SSD eksternal dan GPU eksternal.

Hal ini diharapkan akan membuka pintu bagi lebih banyak laptop untuk mengakses kartu grafis desktop terbaru.

Intel juga berbicara tentang kemampuan Thunderbolt 5 untuk menyederhanakan konektivitas dengan menyatukan kemampuan pengisian daya dan koneksi layar dalam satu kabel, menghilangkan kebutuhan akan kabel kedua untuk banyak laptop.

Selain itu, perusahaan juga menyatakan bahwa kecepatan transfer data dua arah standar Thunderbolt 5 adalah 8Gbps, tetapi mampu menghadapi kecepatan bandwidth hingga 120Gbps dalam mendukung tampilan video terbaik.

Intel mengatakan bahwa PC pertama yang dilengkapi dengan Thunderbolt 5 diperkirakan akan tersedia untuk pengiriman pada tahun 2024.

“Microsoft sangat antusias untuk berkolaborasi erat dengan Intel untuk menghadirkan standar USB4 terbaru bagi pelanggan Windows,” katanya.

Cetak Rekor

AI simplified icon gray background Hi-res image with embedded 1x1, 4x3, and 16x9 renditions for intel.com AEM usage.