Find Us On Social Media :

Microsoft Buatkan Kacamata Canggih AR untuk Pasukan Militer AS

By Adam Rizal, Sabtu, 16 September 2023 | 09:30 WIB

Microsoft Buatkan Kacamata Canggih AR untuk Militer AS

Saat ini perusahaan teknologi raksasa seperti Meta dan Microsoft sedang mengembangkan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) yang akan membantu pengguna dalam bekerja tak terkecuali kalangan militer.

Baru-baru ini Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) memesan kacamata AR Microsoft senilai USD125 juta untuk digunakan di medan perang.

Microsoft sendiri telah menandatangani banyak perjanjian bernilai miliaran dolar dengan Kementerian Pertahanan AS.

Headset itu juga mengadopsi teknologi Microsoft yaitu Integrated Visual Augmented System (IVAS) untuk meningkatkan kesadaran situasional kepada tentara dan memiliki sejumlah fitur untuk meningkatkan keselamatan serta efektivitas tentara dalam pertempuran.

Headset IVAS telah menjalani pengujian ekstensif oleh Angkatan Darat AS. Pada Agustus 2023, Angkatan Darat memberikan Microsoft kontrak senilai USD40 juta untuk meningkatkan desain headset dan mengatasi beberapa masalah yang dihadapi oleh tentara selama pengujian.

Perintah baru dari Angkatan Darat AS akan memungkinkan Microsoft untuk melanjutkan pengembangan headset IVAS dan membawanya lebih dekat ke penerapan. Angkatan Darat AS berencana untuk mulai mengirimkan headset IVAS kepada tentara pada tahun 2025.

Berikut adalah fitur-fitur IVAS seperti dikutip Gizmochina:

1. HUD yang dapat memproyeksikan informasi seperti peta, posisi musuh, dan pasukan kawan langsung ke bidang pandang prajurit.

2. Kamera pencitraan termal yang dapat digunakan untuk melihat dalam kondisi minim cahaya.

3. Pengukur jarak laser yang dapat digunakan untuk mengukur jarak ke target.

4. Sebuah sistem komunikasi yang memungkinkan tentara untuk tetap berhubungan satu sama lain dan dengan markas komando.

Propaganda China