Find Us On Social Media :

Review Acer Predator Helios 16 (PH16-71-99ZW): Gaming Rata Kanan

By Dayu Akbar, Selasa, 19 September 2023 | 14:40 WIB

Acer Predator Helios 16 (PH16-71-99ZW)

April 2023, Acer meluncurkan dua laptop gaming seri Predator yaitu Predator Helios 18 dan Predator Helios 16. Seri ini hadir dengan spesifikasi kelas atas yang bakalan menghadirkan performa kencang untuk aktivitas komputasi berat dan kompleks. Predator Helios 16 sendiri hadir dalam dua SKU yang dibedakan dari penggunaan seri chip grafis, kapasitas RAM, serta panel layarnya.

Nah, SKU yang kami uji ini dipersenjatai dengan Intel® Core™ i9-13900HX Processor yang memiliki total 24 cores (8P cores + 16E cores) dan 32 threads. Prosesor kencang ini disanding dengan grafis yang juga tidak kalah kencang yaitu dengan NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 8 GB DDR6. Mendukung Ray Tracing dan DLSS3, grafis ini memiliki Maximum Graphics Power (MGP) hingga 140 watt. Dengan daya yang cukup besar, tentu bakal membuat performanya makin gahar. Sekedar informasi tambahan, GeForce RTX 4070 sendiri memiliki rentang MGP mulai dari 35 watt hingga 115 watt. Ini artinya Acer sudah meningkatkan MGP diatas standar yang ditentukan NVIDIA.

Selain keyboard, sisi belakang juga terdapat pencahayaan yang disebut lightbar dengan pencahayaan RGB yang disesuaikan dengan profil pencahayaan pada keyboard.

Untuk memori RAM-nya sudah terpasang kapasitas 16 GB DDR5 dual channel. Jika ingin memaksimalkan kapasitas, dua slot-nya mendukung hingga 32 GB DDR5 yang sudah cukup untuk kebutuhan komputasi berat saat ini. Ketersediaan slot penyimpanan juga sudah memadai. Slot pertama sudah terpasang SSD NVMe M.2 PCIe 4.0 x4 dengan kapasitas 1 TB. Acer juga masih menyediakan satu slot kosong dengan dukungan bandwith sama yang bisa dipasang SSD hingga kapasitas 2 TB. Saat kami tes SSD yang digunakan, kecepatan transfer data untuk baca mencapai 6500-an MB/s dan kecepatan tulisnya hingga 4700-an yang jelas sudah sangat kencang.

Yang tidak kalah keren adalah layar 16 inci-nya yang menggunakan panel IPS dengan resolusi WQXGA (2560×1600) serta memiliki refresh rate 240Hz. Panel bikinan AUO AmLED ini mendukung kecerahan puncak lebih dari 1000 nits dengan rasio kontras tinggi 1.000.000:1. Cakupan gamut warna-nya tinggi dengan DCI-P3 100% dan sRGB 100% untuk warna yang kaya dan hidup. Tidak ketinggalan mendukung pula fitur NVIDIA G-SYNC dan NVIDIA Advance Optimus untuk berikan performa tampilan gaming yang mulus, akurat, dan tanpa jeda.

Dengan hinge yang kokoh, layar laptop bisa dibuka hanya dengan satu tangan dan bisa ditekuk hingga kemiringan sekitar 145 derajat.

Disisi konektivitas juga sudah mencukupi untuk kebutuhan komputasi modern. Konektivitas tidak hanya ditempatkan pada sisi kiri dan kanan saja tetapi juga sisi belakang. Ini menjadikan manajemen kabel jadi lebih terlihat rapi dan tidak mengganggu pergerakan tangan di sisi kanan. Yang paling keren adalah port USB type-C yang dukung Thunderbolt 4, tidak hanya satu tapi dua port. Port ini menghadirkan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. Dengan bandwidth 40 Gbps mampu memindahkan data antara penyimpanan internal dan eksternal dengan lebih cepat. Konektivitas serbaguna ini kompatibel dengan banyak koneksi, termasuk Thunderbolt™, USB, USB C standar, DisplayPort, dan PCle versi sebelumnya.

Bagi yang sering bermain game online, koneksi nirkabelnya didukung Intel® KillerTM Wi-Fi 6E AX1675i terbaru menggunakan channel 160Mhz guna menghasilkan throughput hingga 2,4 Gbps sehingga mampu menghilangkan masalah saat bermain game online. Disertakan juga Intel® KillerTM Ethernet E2600 dengan tampilan antarmuka baru yang memungkinkan para gamer dan pengguna PC untuk menganalisis, mengoptimalkan, dan mengontrol kinerja jaringan PC mereka dengan mudah.

Memori RAM terpasang 16 GB DDR5 dual channel (gbr.1) serta penyimpanan SSD dengan kapasitas 1 TB (gbr.2), tidak ketinggalan satu slot kosong untuk SSD NVMe M.2 PCIe 4.0 x4 (gbr.3).

Area keyboard-nya juga dibuat bernuansa gaming dengan tampilan backlit per-key RGB. Untuk mengatur warna dan tingkat kecerahannya bisa melalui software khas Acer yaitu PredatorSense. Memiliki lay-out full size keyboard yang termasuk area numpad. Tombol Power menyatu dengan keyboard yang posisinya terletak di ujung kanan atas. Acer juga menyertakan tombol PredatorSense yang berguna untuk langsung menjalankan aplikasi tersebut. Terdapat pula tombol khusus lainnya yang terletak di luar area keyboard pada sisi kiri atas untuk mengubah mode performa secara cepat tanpa harus melalui software terlebih dahulu.

Guna menjaga performa tetap stabil, Acer melengkapi desain thermal dengan sistem pendingin canggih terbaru. Diantaranya dengan menggunakan kipas logam 3D AeroBlade™ Generasi ke-5 yang direkayasa khusus dan pipa panas vektor dalam bentuk persegi panjang untuk perpindahan panas yang lebih baik. Selain itu, efek dingin dari termal logam cair menutup kinerja termalnya yang canggih. Dilengkapi dengan thermal liquid sehingga penyebaran panas menjadi lebih merata dan menjaga suhu prosesor tetap dingin.

Predator Sense menyediakan pengaturan untuk berbagai skenario penggunaan, Anda bisa menentukan pilihan mode, pengaturan fan, efek RGB, skenario audio, serta monitoring laptop secara real-time.