Find Us On Social Media :

Meningkatkan Efisiensi di Infrastruktur Digital dengan Otomatisasi

By Rafki Fachrizal, Senin, 25 September 2023 | 18:15 WIB

InfoKomputer Deep Dive: Memanfaatkan Otomatisasi untuk Pengelolaan Infrastruktur Digital.

Di era transformasi digital, perusahaan dari berbagai sektor industri semakin memanfaatkan digitalisasi untuk mendukung bisnisnya.

Contoh digitalisasi tersebut seperti perusahaan yang berlomba-lomba mengembangkan super app untuk menawarkan produk atau layanannya ke konsumen.

Untuk itu, infrastruktur digital untuk mendukung digitalisasi seperti itu tentunya harus menjadi perhatian utama perusahaan karena akan mempengaruhi proses bisnis jika mengalami kendala.

Mengelola infrastruktur digital pun bukan sebuah perkara mudah. Apalagi jika masih menggunakan teknik manual, tentunya ini akan membutuhkan biaya, waktu, dan tenaga kerja yang tidak sedikit.

Oleh karenanya, pengelolaan infrastruktur digital dengan teknik otomatisasi merupakan solusi yang tepat diadopsi perusahaan saat ini.

Berdasarkan sebuah riset, dalam dua atau tiga tahun terakhir, otomatisasi menjadi teknologi yang banyak diadopsi perusahaan global.

Selain itu menurut survei McKinsey & Company, 73% perusahaan global saat ini telah menggunakan otomatisasi.

Efisiensi sendiri dinilai sebagai kentungan utama yang bisa didapatkan perusahaan ketika mengadopsi otomatisasi.

“Manfaat utama otomatisasi adalah meningkatkan efisiensi. Menurut sebuah survei, 31% efisiensi didapatkan dengan menggunakan otomatisasi dan angka itu akan menjadi semakin besar ketika kompleksitas dari proses bisnis itu semakin tinggi,” kata Wisnu Nugroho, Managing Editor InfoKomputer, dalam acara “InfoKomputer Deep Dive: Memanfaatkan Otomatisasi untuk Pengelolaan Infrastruktur Digital”, yang baru-baru ini digelar di Hotel Fairmont, Jakarta.

“Karena bagaimanapun, ketika (proses bisnis) semakin kompleks maka semakin sulit untuk memulai (pengelolaan infrastruktur digital) secara manual dan otomatisasi akan menjadi jawaban,” lanjutnya.

Otomatisasi untuk Mempermudah Pemantauan Aplikasi

Teknologi otomatisasi dapat membantu perusahaan dalam mengelola terkait infrastruktur digital seperti mempermudah pemantauan aplikasi secara real-time dan mengidentifikasi masalah yang muncul, mempercepat pengelolaan API (application programming interface), dan meningkatkan visibilitas penggunaan resources baik di on-premise maupun on-cloud.

Dalam hal pemantauan aplikasi misalnya. Seperti diketahui, saat ini banyak perusahaan yang mengembangkan aplikasi sebagai wadah untuk menawarkan produk atau layanan ke konsumen.