Find Us On Social Media :

Cocok Buat UMKM, Ini Delapan Keuntungan Jualan Online di Lazada

By Rafki Fachrizal, Jumat, 22 September 2023 | 10:20 WIB

Ilustrasi Jualan Online di Lazada.

Kehadiran platform e-commerce faktanya dapat memudahkan para UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) untuk memperluas jangkauan bisnisnya.

Sayangnya, masih banyak pelaku UMKM yang beranggapan bahwa membuka toko di e-commerce itu sulit dan banyak tantangannya.  

Sebagai salah satu platform e-commerce di Indonesia, Lazada Indonesia (Lazada) berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan bisnis lokal di Indonesia.

Karenanya, menurut Stefan Winata, Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia, “Lazada hadir sejak 11 tahun lalu sebagai platform e-commerce yang menjawab kebutuhan para pebisnis lokal untuk memulai perjalanan transformasi digitalnya. Berbagai dukungan sumber daya, inovasi program dan fitur yang berbasis data dan teknologi, serta basis pelanggan yang luas ditawarkan Lazada untuk pebisnis lokal yang ingin meraih kesempatan di pasar online.”

Apa saja sebenarnya yang ditawarkan Lazada dan bagaimana penawaran ini bisa membantu pebisnis lokal?

1. Proses pendaftaran yang mudah dan cepat

Hanya butuh waktu 5 menit, Anda sudah dapat membuka toko di Lazada. Pada proses registrasi, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor telepon yang aktif dan identitas diri atau KTP.

2. Gratis 0% biaya komisi sebagai penjual baru

Modal minim janganlah jadi penghalang. Di Lazada, penjual yang baru bergabung akan dibebaskan dari biaya komisi selama 90 hari setelah mendaftar.

3. Program inkubasi intensif 

Belum pernah berjualan online sebelumnya tidak perlu menjadi penghalang. Dengan bergabung di Lazada, Anda secara otomatis akan tergabung dalam program inkubasi yang akan mengupas tuntas cara berusaha di platform eCommerce.

Tim Lazada juga akan membantu menjawab semua pertanyaan Anda. Pastikan Anda menjadi peserta yang aktif agar kesuksesan semakin dekat. 

4. Kemudahan belajar bisnis lewat portal Lazada University

Portal pembelajaran di Lazada terbuka bagi semua penjual Lazada yang ingin belajar. Berbagai materi pembelajaran bisa dipilih penjual yang ingin mengembangkan ilmunya.

Belajarlah, kapanpun dan di manapun lewat portal Lazada University. Bila ada kesempatan ikut sesi pembelajaran tatap muka, langsung ambil kesempatannya.

5. Dukungan komunitas penjual Lazada Club

Banyak penjual yang sudah lebih dulu sukses di Lazada dan mereka pun sering membagikan ilmunya lewat komunitas Lazada Club.

Aktiflah di komunitas Lazada Club di mana banyak penjual sukses berkumpul dan galilah sebanyak mungkin ilmu yang bisa Anda kumpulkan.

Jangan malu untuk bertanya, karena percayalah, penjual yang paling sukses sekalipun pasti mulai dari bawah dan pernah mengalami kegagalan.

6. Berbagai data dan wawasan di Seller Center Lazada

Sangat penting untuk selalu mengetahui tren yang ada di pasar digital agar Anda bisa terus beradaptasi dan menjaga penjualan toko terus meningkat.

Tidak perlu cari informasi jauh-jauh, karena Seller Center Lazada menyediakan data, wawasan, dan informasi terkini terkait dengan kinerja toko serta tren pasar yang bisa Anda olah menjadi strategi bisnis Anda.

7. Jangkauan pasar yang luas dengan dukungan sistem logistik menyeluruh

Basis pelanggan Lazada tersebar di seluruh Indonesia. Di mana pun mereka berada, jangan khawatir, jaringan Lazada Logistics siap mengantarkan paket pesanan pelanggan Anda di mana pun mereka berada.

Ditambah lagi dengan promo gratis ongkos kirim di Lazada yang mendorong pelanggan terus berbelanja di toko Anda.

8. Fitur unggulan Lazada yang bikin pelanggan belanja lagi ke tokomu

Lazada memiliki banyak fitur unggulan untuk penjual. Voucher toko, misalnya, merupakan salah satu fitur yang bisa mendorong pembelian.

Banyak fitur lainnya yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan strategi bisnis setiap penjual di Lazada.

"Berbagai kemudahan ini menjadi cara kami untuk mendorong digitalisasi UMKM di Indonesia,” pungkas Stefan.

Baca Juga: Bisa Jadi Ide Jualan Online, Ini Produk Paling Dicari di Tokopedia

Baca Juga: Jualan Produk ChatGPT dll, Berapa 'Cuan' OpenAI dalam Sebulan?