Find Us On Social Media :

Perluas Bisnis Drone dan UAM, Terra Drone Akuisisi 51% Saham Unifly

By Rafki Fachrizal, Jumat, 29 September 2023 | 16:15 WIB

Ilustrasi Terra Drone Indonesia.

Perusahaan teknologi yang berfokus di industri drone dan Urban Air Mobility (UAM), Terra Drone Corporation, baru-baru ini mengakuisisi mayoritas saham Unifly, perusahaan penyedia Teknologi Manajemen Lalu Lintas Sistem Pesawat Terbang Tanpa Awak atau Unmanned Aircraft System Traffic Management (UTM).

Dalam putaran pendanaan Seri A Unifly tahun 2016, Terra Drone mengambil posisi investasi utama, bermitra dengan QBIC dan PMV, merupakan dana investasi yang didukung oleh pemerintah Flemish.

Putaran Seri B selanjutnya pada tahun 2018 melibatkan partisipasi dari pemegang saham yang sudah ada, dan menyambut Deutsche Flugsicherung (DFS), Air Navigation Service Provider (ANSP) Jerman. DFS adalah mitra strategis dan pelanggan Unifly.

FPIM, Dana Pemegang Saham Publik Federal Pemerintah Belgia, juga berinvestasi. Hingga tahun 2022, Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN), sebuah dana pemerintah Kementerian Transportasi Jepang, telah menjadi pemegang saham di Unifly.

Dengan akuisisi terbaru ini pada tahun 2023, saham Terra Drone di Unifly telah naik menjadi 51%.

Dalam kolaborasi dengan pemegang saham lainnya, Terra Drone menegaskan komitmennya terhadap strategi dan visi jangka panjang Unifly.

Dengan tujuan integrasi strategis, Terra Drone berusaha untuk memperluas operasi drone dan UAM globalnya, membuka jalan bagi infrastruktur udara yang kokoh.

Pada tahun 2016, ketika pasar drone masih sedang berkembang, Terra Drone melihat potensi tersebut dan melakukan investasi di Unifly.

Terra Drone memahami pentingnya platform infrastruktur digital dalam memastikan keselamatan dan efisiensi di udara, yang sangat penting untuk pertumbuhan industri drone yang luas.

Keputusan Terra Drone dipengaruhi oleh pentingnya UTM yang sedang muncul dan hubungan Unifly yang terjalin dengan Germany’s Air Navigation Service Provider (ANSP) di beberapa negara Eropa.

Saat ini, Unifly menyediakan sistem UTM kepada ANSP di lebih dari delapan negara, termasuk NAV CANADA di Kanada, ENAIRE di Spanyol, DFS di Jerman, dan skeyes di Belgia.

Basis klien yang luas ini mengukuhkan posisi unggul Unifly di industri UTM, dan keahlian teknis dan kehandalannya telah diakui secara luas oleh pasar.

Toru Tokushige, pendiri dan CEO Terra Drone, mengatakan “Sejak awal industri drone, Terra Drone melihat potensi besar dari UTM. Keputusan terbaru kami untuk mengakuisisi mayoritas saham di Unifly adalah bukti komitmen kami untuk memperdalam hubungan ini.”