Find Us On Social Media :

Mau Berkarier di Bidang AI? Ini Rekomendasi 10 Posisi Pekerjaannya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 29 September 2023 | 19:00 WIB

Ilustrasi Posisi Pekerjaan di Bidang AI (Artificial Intelligence).

AI (artificial intelligence) kini menjadi salah satu teknologi yang banyak diadopsi perusahaan/organisasi untuk mendukung operasional bisnis mereka di era digital.

Dengan semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi AI, tentunya kebutuhan akan telanta yang terampil di bidang ini juga terus dan semakin dibutuhkan. Tentunya, ini menjadi peluang baru bagi para profesional yang ingin terjun di bidang AI.

Pekerjaan di bidang AI pun beragam dan tentunya ada beberapa pekerjaan teratas yang seringkali dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika Anda ingin memulai karier di bidang AI atau merubah karier ke bidang yang menarik ini, berikut adalah 10 posisi pekerjaan yang harus Anda pertimbangkan:

1. Machine Learning Engineer

Machine Learning Engineer berada di ujung tombak dalam pengembangan AI. Mereka bertugas merancang dan mengimplementasikan algoritme dan model yang kompleks yang memungkinkan mesin belajar dari data untuk membuat prediksi atau keputusan.

Seorang Machine Learning Engineer ini membutuhkan keahlian dalam bahasa pemrograman seperti Python, pengetahuan mendalam tentang framework (kerangka kerja) pembelajaran mesin, dan kemampuan untuk mengoptimalkan algoritme.

2. Data Scientist

Data Scientist bisa dibilang merupakan detektif AI, di mana mereka menggunakan kemampuan analisis untuk mengekstrak wawasan dari kumpulan data yang besar.

Posisi pekerjaan ini bertanggung jawab untuk membersihkan data, menganalisis, dan mengembangkan model prediktif.

Pemahaman yang kuat tentang statistik, visualisasi data, dan pengetahuan domain sangat penting dimiliki oleh seorang Data Scientist.

3. AI Research Scientist

AI Research Scientist adalah inovator yang mendorong batas-batas teknologi AI. Mereka mengerjakan proyek penelitian mutakhir, mengembangkan algoritme baru, dan mempublikasikan makalah penelitian.