Find Us On Social Media :

Wow! Kemampuan Model AI Oppo Berada Satu Level di Bawah GPT-4

By Adam Rizal, Senin, 2 Oktober 2023 | 10:05 WIB

Asisten AI Oppo Xiao Bu

Oppo mengambil langkah besar dalam pengembangan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dengan menciptakan chatbot AI AndesGPT.

Hebatnya, AndesGPT berada di peringkat kedua atau di bawah GPT-4 dari OpenAI dalam hal tingkat pengetahuan dan kapabilitas ensiklopedia.

Asisten digital Oppo Xiaobu Assistant telah mengumumkan bahwa model AndesGPT mereka telah mencapai peringkat tertinggi pada September dalam pengujian yang menggunakan metrik evaluasi SuperCLUE.

AndesGPT adalah model bahasa generatif besar (LLM) yang memiliki kesamaan dengan ChatGPT dan Bard seperti dikutip Gizmochina.

Pengujian eksternal terhadap AndesGPT dimulai pada awal Agustus, bersamaan dengan peluncuran asisten cerdas Oppo yang dikenal sebagai Xiaobu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan inti dari asisten suara tradisional.

Dalam peringkat sepuluh besar, AndesGPT mencetak skor 98,33, menempatkannya di peringkat kedua setelah GPT-4 dan menjadi yang terbaik di Tiongkok.

Oppo berhasil meningkatkan cakupan dan keakuratan AndesGPT dalam hal pengetahuan dan kapabilitas ensiklopedik dengan menggabungkan grafik pengetahuan berkualitas tinggi, sejumlah besar pertanyaan dan jawaban, serta teknik pra-pelatihan dan penyesuaian yang dioptimalkan.

Pada bulan lalu, Oppo juga mengungkapkan rencana untuk meluncurkan kampanye pengalaman berskala besar untuk Xiaobu Assistant terbarunya, yang didasarkan pada model bahasa besar AndesGPT.

Xiaobu Assistant ini diyakini dapat menghasilkan konten yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna berdasarkan teks yang diberikan, serta meningkatkan kemampuan AI mereka dalam merangkum informasi secara signifikan.

Daftarkan Merek Dagang

OPPO mengajukan permohonan merek dagang 'AndesGPT' dan 'AndesAI' dalam berbagai klasifikasi internasional, termasuk instrumen ilmiah, layanan komunikasi, dan layanan situs web.

Gizmochina melaporkan status merek dagang ini saat ini masih dalam tahap permohonan. AndesGPT sendiri adalah sebuah model bahasa generatif yang dikembangkan oleh tim OPPO Andes Intelligent Cloud.