Find Us On Social Media :

Daftar Negara Tingkat Kecanduan Smartphone Tertinggi, Indonesia?

By Adam Rizal, Selasa, 3 Oktober 2023 | 10:00 WIB

Ilustrasi Remaja Bermain Game.

Organisasi World of Statistics mengungkapkan data tentang tingkat kecanduan smartphone di berbagai negara.

Untungnya, Indonesia tidak tercantum dalam daftar negara dengan tingkat kecanduan ponsel pintar tertinggi di dunia.

Hasilnya, negara dengan tingkat kecanduan smartphone yang cukup tinggi di dunia adalah China. Nomor dua ada Saudi Arabia dan Malaysia berada di urutan ketiga.

Warga China sangat kecandungan dengan smartphone, menyusul banyak vendor smartphone di negara tersebut dan China menjadi negara dengan penjualan smartphone di dunia.

Huawei dan Xiaomi berperan penting dalam meningkatkan penggunaan smartphone di China.

Arab Saudi berada di urutan kedua sebagai negara dengan kecanduan smartphone tertinggi, menyusul pertumbuhan yang pesat dalam adopsi teknologi, perkembangan ekonomi yang cepat dan investasi besar dalam infrastruktur teknologi.

Penggunaan ponsel pintar telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari warga Malaysia.

Indonesia memiliki tingkat kecanduan relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Namun, penting untuk diingat bahwa tingkat kecanduan ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tingkat penetrasi teknologi, situasi ekonomi, dan budaya masyarakat setempat.

Pangsa Pasar Indonesia

realme 11 Pro+ 5G

Firma riset Canalys mengungkapkan daftar 5 vendor smartphone terbesar di Indonesia pada kuartal II-2023. Hasilnya, Oppo berhasil menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia menggeser Samsung.

Di bawah Oppo, ada Samsung, Vivo, Xiaomi dan Transsion atau Infinix yang melengkapi daftar lima besar pabrikan HP terbesar di Indonesia pada kuartal II-2023. Ironisnya, realme harus terdepak walaupun sudah menghasilkan smartphone murah di Indonesia.