Find Us On Social Media :

Samsung Bakal Pasok Chip AI Generasi Terbaru untuk Tenstorrent

By Adam Rizal, Sabtu, 7 Oktober 2023 | 13:30 WIB

Ilustrasi Chip AI (Artificial Intelligence)

Samsung Electronics Co., produsen chip memori terkemuka, akan memproduksi chipset artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generasi terbaru untuk startup komputasi Tenstorrent, perusahaan asal Kanada, seperti yang telah diumumkan oleh Tenstorrent.

Tenstorrent telah telah memilih tim Layanan Desain Foundry Samsung untuk menghasilkan chiplet mereka.

Chipset AI itu juga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi mulai dari perangkat tepi hingga pusat data, dengan tujuan untuk memastikan kualitas terbaik dan teknologi manufaktur terdepan.

Jim Keller, CEO Tenstorrent mengatakan Samsung Foundry memiliki kemampuan dalam pengembangan teknologi semikonduktor dan memiliki visi yang sama dalam pengembangan RISC-V dan AI.

"Samsung Foundry adalah mitra ideal untuk membawa chiplet AI mereka ke pasar," katanya.

Marco Chisari, Kepala Bisnis Foundry Amerika Serikat Samsung, menyatakan bahwa penggunaan node manufaktur silikon canggih perusahaan mereka akan membantu mempercepat inovasi Tenstorrent di sektor ini.

Integrasikan AI

Produk peralatan rumah tangga Samsung berbasis AI

Samsung Electronics Co. akan mengintegrasikan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif ke dalam produk peralatan rumah tangganya pada tahun mendatang.

Kepala Tim Pengembangan Perangkat Lunak Divisi Peralatan Digital Samsung, Yoo Mi-young mengatakan Samsung akan mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif untuk produk peralatan rumah tangganya.

"Teknologi ini akan diterapkan pada aspek suara, visi, dan tampilan, sehingga peralatan elektronik rumah tangga dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang aktivitas dan kebutuhan konsumen, serta dapat merespons dengan lebih baik," katanya dalam acara pameran teknologi IFA di Berlin, Jerman.

Kehadiran teknologi AI generaitif itu akan membuat produk-produk peralatan rumah tangga Samsung memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pengguna secara lebih alami, mirip seperti berbicara antar manusia.