Find Us On Social Media :

Modalku: 70% UMKM Asia Tenggara Memulai Bisnis dengan Sumber Dana Ini

By Liana Threestayanti, Selasa, 10 Oktober 2023 | 11:54 WIB

Hampir 7 dari 10 UMKM di Asia Tenggara memulai bisnis mereka dengan modal dari tabungan pribadi, dukungan finansial dari keluarga atau teman.

Hampir 7 dari 10 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Asia Tenggara memulai bisnis mereka dengan modal dari tabungan pribadi, dukungan finansial dari keluarga atau teman, khususnya di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, menurut laporan yang dirilis Grup Modalku, platform pendanaan digital bagi UMKM di Asia Tenggara.

Sementara pendanaan dari bank tradisional dilakukan oleh 23% dari UMKM di kawasan ini. Sedangkan sisanya, sebanyak7%, memanfaatkan sumber pendanaan alternatif, seperti perusahaan fintech.

Khususnya di Indonesia, mayoritas UMKM mendapatkan sumber modal awal dari uang tabungan, dukungan keluarga dan teman (51%), kemudian diikuti oleh bank tradisional (31%), sumber pendanaan alternatif seperti perusahaan fintech (10%), dan sisanya dari investor (3%).

Laporan ini dibuat berdasarkan survei pada tahun 2023 terhadap 977 UMKM di lima negara di mana Group Modalku beroperasi, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Responden pada laporan ini masuk dalam kategori usaha mikro (74%) dan pemilik usaha (63%), yang mana responden tersebut merupakan penerima dana Grup Modalku (59%) dan bukan penerima dana Grup Modalku (41%).

Perekonomian Asia Tenggara sedang menuju pemulihan setelah mengalami penurunan selama pandemi; dan walaupun dengan tantangan makroekonomi yang baru-baru ini terjadi, wilayah ini tidak terdampak sebesar wilayah lain di dunia. Faktor-faktor ini mendorong perusahaan pembiayaan tradisional dan digital untuk menciptakan solusi inovatif bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Namun, banyaknya pilihan tidak berarti akses pendanaan menjadi lebih mudah.

“Survei ini menegaskan dan memperluas pemahaman kami tentang UMKM untuk melayani mereka lebih baik, dengan mempermudah akses pendanaan yang dihadirkan dan mulai masuk ke dalam manajemen arus kas, yang akan diterapkan pada produk kami,” ujar Country Head Modalku, Arthur Adisusanto.

UMKM Pilih Business Term Loan 

Business Term Loan merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh responden (49%). Di Indonesia sendiri, produk business term loan merupakan pendanaan bisnis yang memberikan kontribusi terbesar (74%). Kemudian diikuti oleh produk account payable financing (25%) dan produk invoice financing (22%). Selain itu, responden di Indonesia juga mengatakan bahwa mereka menggunakan produk manajemen biaya (21%), transaksi lintas-negara (13%) dan sisanya menggunakan fasilitas pembayaran dengan kartu (8%).

Sebagian besar UMKM yang disurvei lebih memerhatikan hutang dibanding piutang, khususnya kemampuan mereka membayar supplier. Lebih dari sepertiga responden menyebutkan akses terhadap pendanaan (termasuk pinjaman dan kartu kredit) dan pemenuhan pembayaran kepada supplier atau vendor yang tidak menawarkan pilihan pembayaran yang fleksibel merupakan permasalahan utang utama mereka. Hal  ini termasuk pemantauan dan pelaporan utang; mendapatkan persetujuan untuk pembayaran; integrasi faktur atau invoice dengan pesanan pembelian dan tanda terima 

Ketergantungan pada Bank dan Transaksi Lokal

Transfer bank masih menjadi metode pembayaran paling populer bagi UMKM di negara di mana Grup Modalku beroperasi. Hampir 90% UMKM membayar supplier melalui transfer bank dan 88% menerima pembayaran dari pelanggan melalui metode yang sama.