Find Us On Social Media :

Review Kingston XS1000: SSD Eksternal Kecil-kecil Cabe Rawit

By Dayu Akbar, Rabu, 11 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Kingston XS1000

Kebutuhan akan penyimpanan data yang besar dan praktis banyak ditawarkan berbagai produk ataupun layanan. Diantaranya yaitu flashdisk yang ringkas namun terbatas akan kapasitas yang tidak terlalu besar. Begitu pula dengan HDD eksternal yang memiliki kapasitas lebih besar tapi rentan akan guncangan. Tidak ketinggalan penawaran penyimpanan secara cloud yang memiliki kekurangan karena mesti diakses melalui koneksi internet.

Nah, disinilah SSD ekternal memiliki keunggulan diantara ketiganya. Kingston XS1000 menawarkan solusi perangkat SSD eksternal yang ringkas dan praktis melalui fisiknya yang mungil namun memiliki kapasitas penyimpanan besar. Apalagi teknologi SSD lebih tahan terhadap guncangan dibandingkan HDD dan menawarkan kecepatan transfer data, baik baca ataupun tulis dengan lebih kencang.

Kingston XS1000 tersedia dalam dua pilihan kapasitas yaitu 1 TB dan 2 TB, sedangkan versi yang kami uji adalah kapasitas 2 TB yang menurut situs resminya tidak memiliki perbedaan lain diantara keduanya.

Pada paket penjualannya, Kingston XS1000 menyertakan satu kabel USB type-C ke type-C dan satu kabel USB type-C ke type-A.

Punya ukuran panjang 69,5 mm, lebar 32,6 mm dan berat hanya 29 gram, SSD ini mudah dibawa dan masuk ke dalam saku baju atau celana. Dengan dimensinya yang mungil, satu-satunya kekhawatiran kami adalah mudah hilang, utamanya bagi pengguna yang ceroboh. Jika saja SSD ini dilengkapi dengan tali atau sejenisnya, mungkin bisa lebih aman karena Anda tinggal menggunakannya sebagai kalung atau digantung.

Sasis Kingston XS1000 sendiri diklaim menggunakan rangka metal yang dibungkus dengan plastik solid. Kombinasi ini berguna untuk meredam suhu yang dihasilkan media simpan portabel ini. Tujuannya agar kinerja Kingston XS1000 bisa tetap tinggi meski dibebani penuh dalam jangka waktu yang lama.

Dimensi kecil dan ringan jadi salah satu fitur unggulan sehingga mudah dibawa-bawa, bahkan masuk ke dalam saku celana atau baju juga tidak menjadi masalah.

Karena ini merupakan SSD eksternal yang memanfaatkan jalur transfer data menggunakan port USB, jangan Anda samakan kecepatan baca dan tulisnya dengan SSD internal yang menggunakan slot M.2 NVMe. Kecepatan versi eksternal ini jelas lebih lambat, namun jika dibanding penyimpanan eksternal lainnya, misalnya flashdisk dengan teknologi terkini pun, Kingston XS1000 ini masih jauh lebih kencang. Secara spesifikasi disebutkan bahwa kecepatan transfer data baca Kingston XS1000 mencapai 1.050 MB/s dan untuk tulisnya mencapai 1.000 MB/s.

Kingston XS1000 menggunakan port USB 3.2 Gen 2 x1 type-C yang juga kompatibel dengan versi sebelumnya dari port USB 3.0.

Hasil ini bakal tercapai ketika Kingston XS1000 dicolokkan ke port USB 3.2 Gen 2 x1. Meski demikian, SSD eksternal ini tetap kompatibel dengan port USB versi lawas, namun dengan kecepatan yang lebih rendah. Hal ini kami buktikan melalui pengujian menggunakan CystalDisk Mark. Saat menggunakan port USB 3.2 Gen 2 x1, kecepatan baca dan tulisnya mendekati klaim dari Kingston.

Sesuai dukungan konektivitasnya, performa Kingston XS1000 akan berjalan optimal saat dihubungkan dengan port USB 3.2 Gen 2 x1.

Sementara saat kami uji dengan menggunakan port USB 3.0, kecepatan baca dan tulisnya turun hingga dua kali lebih rendah. Yang perlu diketahui pula, meski kecepatan baca dan tulis menggunakan port USB 3.0 lebih rendah, namun masih tetap lebih kencang dibanding flash disk ataupun HDD. Jadi keunggulan dalam hal kecepatan transfer data baca dan tulis dari Kingston XS1000 ini cukup unggul.