Find Us On Social Media :

Teknologi AI Mampu Buat Desain Rancangan Robot dalam 26 Detik

By Adam Rizal, Jumat, 13 Oktober 2023 | 10:30 WIB

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence).

Perkembangan pembuatan robot berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan semakin memukau dengan pembuatan rancangan awal robot yang dapat diselesaikan hanya dalam hitungan detik.

Meskipun para ilmuwan telah lama berusaha untuk mengembangkan AI dalam perancangan robot, biasanya memerlukan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk menyelesaikan sebuah desain robot.

Northwestern University berhasil menciptakan desain robot menggunakan AI dalam waktu yang luar biasa singkat, yaitu hanya 26 detik, sebuah prestasi yang mengejutkan dan akan segera dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

Keberhasilan itu berasal dari pengembangan AI yang inovatif yang memungkinkan pembuatan robot dimulai dari desainnya.

Algoritma yang digunakan dalam AI ini berbeda dari yang umumnya digunakan dan memerlukan daya komputasi yang sangat besar.

Northwestern University menjelaskan bahwa AI yang mereka kembangkan tidak terbatas oleh batasan kreativitas manusia. Para peneliti hanya perlu memberikan model robot yang diinginkan dan mengklik tombol untuk membuat robot tersebut.

"Teknologi AI ini memiliki kemampuan untuk melampaui kendala-kendala yang ada dalam evolusi robot dan tidak bergantung pada desain manusia," katanya.

Program AI yang mereka ciptakan akan menghasilkan desain robot dalam bentuk cetakan biru yang sulit dijelaskan.

Setelah cetakan kecil ini dihasilkan, AI akan menganalisis kembali desain, mengidentifikasi kekurangan, dan mengukir struktur yang perlu diperbaiki.

CEO AI

Jadi Boss Perusahaan, Robot AI ini Mampu Bekerja 24 Jam Non-Stop

Sebuah perusahaan minuman asal Polandia Dictador melakukan uji coba dengan mengangkat seorang robot berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI) bernama Mika menjadi kepala eksekutif (CEO).