Find Us On Social Media :

Xiaomi dan Alibaba Kucurkan Dana Jumbo ke Startup AI Pesaing ChatGPT

By Adam Rizal, Rabu, 25 Oktober 2023 | 13:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Xiaomi dan Alibaba mengucurkan dana segar ke sebuah perusahaan startup AI Zhipu untuk bersaing dengan ChatGPT milik OpenAI yang saat ini merupakan salah satu pemimpin dalam dunia chatbot.

Tencent, Sequoia, dan Hillhouse juga turut berpartisipasi dalam investasi ini. Zhipu telah mengumpulkan dana sebesar lebih dari 2,5 miliar yuan atau setara dengan Rp5,4 triliun).

Zhipu adalah sebuah perusahaan startup yang mengembangkan model AI dan melatihnya dengan menggunakan data dalam jumlah besar. Data ini diharapkan akan mendukung berbagai aplikasi yang relevan.

Zhipu juga telah merilis chatbot AI generatif dan memungkinkan AI menghasilkan jawaban berdasarkan permintaan pengguna seperti dikutip CNBC International

ChatGPT telah menjadi pemain utama dalam industri AI chatbot. Sejak hadir tahun lalu, banyak perusahaan di seluruh dunia, termasuk di China, telah berusaha mengembangkan produk AI mereka sendiri dalam upaya bersaing.

China mengamati pertumbuhan pesat AI di negara tersebut dan percaya bahwa AI dapat memberikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

China memiliki rencana untuk meningkatkan kapasitas komputasi sebesar 50 persen pada tahun 2025 untuk mendukung pengembangan aplikasi AI.

Selain berinvestasi dalam startup AI, perusahaan teknologi raksasa asal China seperti Alibaba, Tencent, dan Baidu juga telah aktif dalam mengembangkan model AI mereka sendiri dan merilis produk-produk AI.

Namun, upaya China dalam pengembangan AI juga menghadapi persaingan dan tantangan dari Amerika Serikat (AS). Hubungan antara kedua negara ini telah tegang, dan keduanya bersaing untuk mendominasi dalam berbagai bidang, termasuk teknologi.

Keuntungan OpenAI

Ilustrasi ChatGPT.

Pendapatan dan unduhan aplikasi chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT mencapai rekor baru.