Find Us On Social Media :

Ingin Sukes Bisnis Online, CEO Tribelio.com: Hindari Chicken Mindset!

By Liana Threestayanti, Senin, 6 November 2023 | 15:45 WIB

Digitalisasi bukan hanya perubahan teknologi dan platform, tapi juga evolusi pola pikir atau mindset. Di ajang Lazada Seller Conference, CEO Tribelio.com membeberkan mindset yang harus dimiliki para pebisnis online saat ini. (Foto: Denny Santoso, CEO & Founder Tribelio.com)

Digitalisasi bukan hanya perubahan teknologi dan platform, tapi juga evolusi pola pikir atau mindset. Di ajang Lazada Seller Conference, CEO Tribelio.com membeberkan mindset yang harus dimiliki para pebisnis online saat ini.  

Pandemi tak pelak telah mengubah cara berbisnis banyak orang. Para penjual yang sebelumnya mengandalkan model bisnis konvensional kini harus beralih ke ranah jualan online. 

Perubahan ini bukan sekadar pergeseran, tetapi sebuah percepatan dan akselerasi besar dalam dunia bisnis digital. Dan selain perubahan teknologi dan platform, para penjual juga perlu berevolusi dalam pola pikir mereka.

Digital expert sekaligus CEO & Founder Tribelio.com, Denny Santoso menyoroti pentingnya perubahan mindset di tengah peralihan era digital dalam acara Lazada Seller Conference: Level Up 2023. 

Dalam sesi talkshow berjudul “Siap Menang di Era Pasar Digital 2024!", Denny hadir untuk memotivasi penjual di Lazada agar bisa mengembangkan mentalitas sebagai pebisnis yang tangguh dan cerdas mengejar peluang. Denny mendorong para penjual Lazada untuk terus mencoba dan tidak terjebak dalam pola pikir yang menghambat yang ia bahasakan sebagai  “Chicken Mindset”. 

Denny juga menjelaskan perbedaan dua era bisnis, yakni era Old Economy Mindset dan New Creator Economy. Era Old Economy Mindset menekankan produk sebagai fokus utama dan hanya mengandalkan untuk membuka toko dan menunggu pembeli datang. Sementara, era New Creator Economy lebih berfokus pada cara mendapatkan perhatian dan kesadaran dari target pasar.

“Penjual yang mengandalkan model bisnis konvensional sering kali tidak mempertimbangkan strategi untuk menarik traffic pelanggan. Hal ini karena mereka yakin bahwa peran mereka hanyalah sebagai penjual yang beroperasi di bawah naungan mal atau pasar yang harus bertanggung jawab atas ramainya pengunjung,” jelas Denny Santoso. 

Sebaliknya, menurut Denny, dalam ekosistem perdagangan online, baik melalui media sosial maupun platform eCommerce, penjual harus menjadi penggerak utama dalam mendatangkan traffic pelanggan. 

“Oleh karena itu, penjual harus aktif dalam menciptakan konten, membangun jaringan sosial, dan berinteraksi dengan audiens mereka,” tandas Denny.

Inilah rangkuman tips dari Denny Santoso tentang cara membangun pola pikir sebagai penjual online di era New Creator Economy:

Hindari chicken mindset

Chicken mindset adalah pola pikir yang membuatmu tahu apa yang harus dilakukan, namun sering kali terhambat oleh berbagai alasan. Pola pikir ini adalah sikap orang yang ingin sukses tapi lebih banyak mengeluh dan selalu mencari alasan untuk tidak bertindak.