Find Us On Social Media :

Ini Tiga Aspek Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sistem ERP

By Rafki Fachrizal, Kamis, 9 November 2023 | 17:15 WIB

Ilustrasi ERP (Enterprise Resource Planning).

Pasar sistem ERP (Enterprise Resource Planning) ditaksir bernilai US$53,77 miliar pada tahun 2022 dan diperkirakan akan tumbuh sekitar US$123,42 miliar di tahun ini, dengan pertumbuhan sekitar 11.1% antara 2023 sampai 2030.

Kenaikan ini disebabkan oleh permintaan pasar global akan teknologi otomasi dan digitalisasi bisnis yang juga mengarah ke tren positif, termasuk di Indonesia.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan bahwa potensi ekonomi digital ASEAN diperkirakan dapat naik hingga US$2 triliun pada 2030, di mana 40% dari angka tersebut berasal dari Indonesia.

Hal ini menunjukkan Indonesia sebagai negara yang siap mengakselerasi implementasi bisnis berbasis digital.

Perusahaan penyedia software bisnis ERP asal Singapura, HashMicro, sepakat bahwa memang sedang terjadi kenaikan tren adopsi teknologi di dunia industri.

Business Development Director HashMicro, Lusiana Lu, HashMicro mencatat adanya kenaikan permintaan sistem ERP hingga 300% dari tahun lalu.

“Beberapa tahun lalu permintaan untuk software ERP lebih banyak datang dari perusahaan besar dengan jumlah karyawan lebih dari 500 orang. Tetapi belakangan ini, porsi permintaan ERP software dari medium-sized companies cukup tinggi. Ini menunjukkan kesadaran perusahaan berkembang untuk mengontrol dan berinovasi dengan bantuan teknologi semakin meningkat,” kata Lusiana.

HashMicro melihat tren ini sebagai sebuah peluang untuk memberikan kontribusi lebih terhadap perkembangan bisnis di Indonesia.

Pasalnya, pengembangan infrastruktur digital di Indonesia, khususnya software bisnis, masih ditujukan untuk perusahaan besar dan perusahaan kecil (mikro).

Sejauh ini, belum ada solusi yang cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan perusahaan skala menengah.

Padahal, dengan bantuan teknologi yang tepat, perusahaan skala menengah bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi digital Indonesia secara signifikan.

Untuk mengisi celah ini, HashMicro melakukan riset mendalam guna merancang beberapa model sistem ERP dengan fitur yang sesuai kebutuhan bisnis skala menengah dengan nilai investasi yang tepat.

Dalam pengembangannya, HashMicro tetap memastikan bahwa sistem untuk perusahaan skala menengah tetap komprehensif, end-to-end, dan tidak sekompleks sistem ERP yang umumnya digunakan oleh perusahaan besar.