Find Us On Social Media :

Dorong Penerapan Nyata, AMD Gelar Lomba Aplikasi AI untuk 3 Kategori

By Liana Threestayanti, Sabtu, 2 Desember 2023 | 15:30 WIB

Menggelar AMD Pervasive AI Developer Contest, AMD menantang para pengembang menciptakan aplikasi AI. Hadiah utama di tiap kategori sebesar US$10.000

Menggelar AMD Pervasive AI Developer Contest, AMD menantang para pengembang/developer untuk menciptakan aplikasi artificial intelligence (AI) yang inovatif dan menarik di berbagai bidang.

Seperti diketahui, saat ini, AMD terus memperluas jangkauan teknologi AI-nya ke perangkat keras, perangkat lunak, dan para pengembang AI di berbagai industri, termasuk data center, client workstation dan laptop, game, robotika, otomotif, dan lain-lain.

Dalam kontes ini, AMD mengajak para pengembang untuk menciptakan proyek-proyek inovatif pada perangkat keras AMD tertentu dalam tiga kategori: Generative AI, Robotics AI, dan PC AI. Hadiah utama di tiap kategori adalah berupa uang sebesar US$10.000 dan hadiah tambahan untuk pemenang tempat kedua dan ketiga.

Selain itu, untuk lebih mendorong inovasi dalam dunia akademis dan keberagaman dalam industri, AMD University Program menawarkan hadiah uang tunai khusus untuk satu proyek pemenang yang diajukan oleh seorang mahasiswa, serta penghargaan “Women in Technology” untuk proyek terbaik di antara tim yang terdiri terutama perempuan.

Generative AI

Di kategori Generative AI, para pengembang ditantang untuk menciptakan aplikasi unik yang dapat memecahkan persoalan nyata, menggunakan software ROCm yang dikombinasikan dengan AMD Instinct™ MI210 accelerator card via cloud access atau kartu grafis AMD Radeon™ Pro W7900.

Software AMD ROCm™ sendiri menyediakan lingkungan untuk membangun solusi AI pada beragam hardware AMD GPU. Software ini terintegrasi dengan framework berstandar industri seperti PyTorch dan TensorFlow, serta menyediakan software library yang ekstensif untuk pelatihan (training) dan inferensi (inference) machine learning. 

Use case yang diharapkan dari AMD GPU di kategori ini:

Data Scientist: pengembangan model LLM seperti arsitektur dan teknik untuk AI generatif.

Pengembang aplikasi: aplikasi AI generatif, seperti meringkas teks, chatbot, penerjemah, dan aplikasi Q&A.

ML Ops Developers: workflow AI generatif end-to-end workflows: fine-tuning pada model-model pre-trained, vector database, agent, retrieval augmented generation (RAG)

Contoh-contoh aplikasi: AI compute; text-to-image, LLM, stable diffusion, aplikasi gaming dan video (Radeon); background noise suppression, video quality enhancements, content creation*