Find Us On Social Media :

Review vivo V29e: Desain Premium dengan Kamera Utama yang Bagus

By Dayu Akbar, Senin, 4 Desember 2023 | 16:00 WIB

vivo V29e

Tidak lama setelah vivo V29 meluncur, vivo juga mengumumkan kehadirkan varian lain melalui vivo v29e. Mirip seperti sebelumnya, penambahan seri e ini merupakan versi lebih terjangkau dari vivo V29 yang lebih dulu hadir di Indonesia pada bulan September 2023. Tidak heran jika fitur atau spesifikasinya lebih rendah dibanding vivo V29. Namun vivo V29e tetap hadir dengan DNA vivo V29 series yang unggulkan desain serta fitur kekinian yang tidak kalah keren.

Kemasan vivo V29e masih sama dengan vivo V29. Begitu pula dengan isi kelengkapan yang disertakannya. Dan yang kami suka adalah kelengkapannya yang sudah menyediakan charger 67 watt dan case transparan. Untuk unitnya sendiri, vivo V29e tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Rose Gold, Crystal Blue, dan Forest Black. Dan unit yang kami uji ini memiliki warna Rose Gold.

vivo V29e menggunakan desain datar dengan bagian belakang yang menggunakan material flourite AG Glass dan nano-scale photoetching technique yang membuatnya terlihat premium.

Berbeda dengan vivo V29 yang memiliki desain lengkung, vivo V29e menggunakan desain flat di bagian belakang. Di sisi lain, desain flat juga memberi kenyamanan saat bermain game terutama saat posisi landscape. Dalam posisi ini, pegangan akan terasa lebih mantap dan tidak licin, berbeda dengan experience pada vivo V29 dengan desain layar lengkungnya.

Sementara material yang digunakannya yaitu flourite AG Glass dan nano-scale photoetching technique yang membuatnya terlihat premium. Untungnya, bagian ini tidak mudah kotor oleh sidik jari. Meski bagian belakang ini memang terasa licin saat dipegang sehingga penggunaan case memang disarankan. Dengan sertifikasi IP54 yang dimilikinya, vivo V29e tahan terhadap debu dan cipratan air.

Punya kapasitas penyimpanan internal sebesar 256 GB, vivo V29e tidak menyediakan slot kartu memori microSD dan hanya untuk menampung dua kartu nano SIM saja.

Pada frame kamera belakang, vivo V29e menyematkan dua kamera, satu bulatan besar berupa LED ring flash dengan fitur Aura Light Portrait, dan satu bulatan kecil untuk LED flash standar. vivo menempatkan tombol Volume dan Power disisi kanan. Pada sisi bawah terdapat port USB type-C, lubang speaker, dan slot kartu SIM. Speaker-nya sendiri hanya satu yang mengeluarkan suara mono, sedangkan slot kartu tersebut hanya mendukung hingga dua kartu nano SIM tanpa microSD.

vivo V29e memiilki layar berukuran 6,67 inci dengan panel AMOLED dan resolusi full HD+ (2400 x 1080 piksel) serta rasio 20:9. Tingkat kecerahannya cukup tinggi yaitu 1150 nits sehingga tampilannya masih terlihat jelas meski berada di bawah terik matahari. Tidak ketinggalan sensor sidik jari yang disematkan di area bawah dalam layar.

Sebagai smartphone kelas menengah, layarnya memiliki refresh rate tinggi hingga 120 Hz guna menampilkan pergerakan yang mulus. Anda bisa melakukan pilihan refresh rate secara manual atau bisa dengan mengaktifkan fitur Smart Switch. Fitur ini bekerja otomatis sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Misalnya ketika menjalankan game dengan refresh rate 120 Hz, otomatis sistem akan beralih. Begitu pula saat digunakan untuk aplikasi sederhana yang berjalan di 60 Hz. Keuntungan lain dari fitur ini adalah baterai yang lebih hemat karena refresh rate tinggi butuh konsumsi daya besar.

Frame belakang terdapat dua kamera dengan masing-masing resolusi 64 MP dan 8 MP, satu ring LED flash, dan led flash berukuran kecil.

Jika vivo V29 punya tiga kamera belakang, maka vivo V29e punya dua yang terdiri dari dari 64 MP kamera wide dan 8 MP kamera ultra-wide. Sementara kamera depannya punya resolusi besar yaitu 50 MP. Dan tidak kalah menarik adalah hadirnya fitur autofocus sehingga pengguna bisa dengan cepat mendapatkan hasil foto selfie dengan lebih baik.

Fitur Aura light menyediakan pilihan untuk mengatur tone cahaya mulai dari yang paling warm dengan warna cahaya kemerahan dan paling cool dengan warna cahaya cenderung putih.