Find Us On Social Media :

Review Acer Swift Go 14 OLED (SFG14-71): Untuk Mobilitas Tinggi

By Dayu Akbar, Selasa, 5 Desember 2023 | 17:30 WIB

Acer Swift Go 14 OLED

Acer Swift Go 14 OLED hadir sebagai laptop yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai segmen pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Seri Swift sendiri merupakan laptop Acer yang mengedepankan desain tipis dan ringan. Sedangkan Go mengusung konsep portabilitas. Dengan bobot hanya 1,32 kg, laptop ini memudahkan penggunanya yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan dikombinasikan dengan ketebalan yang hanya 14,99 mm. Sementara angka 14 pada penamaannya merupakan ukuran layar dan OLED adalah panel layar yang digunakan.

Sebagai generasi terbaru, spesifikasinya juga sudah menggunakan 13th Gen Intel® Core™ Processors. Hal ini juga makin dipertegas dengan sertifikasi Intel® Evo™ yang merupakan standar Intel untuk laptop yang mampu menunjang aktivitas komputasi penggunanya untuk kebutuhan modern. Misalnya saja performa kencang, efisiensi daya, grafis integrasi mumpuni, konektivitas canggih, desain tipis dan ringan, layar tajam, dan fitur keamanan. Dan semua hal ini sudah terdapat pada Acer Swift Go 14 OLED.

Dengan ketebalan hanya 14.99 mm dan berat 1.32 kg, laptop ini tampil dengan bodi polos dengan warna silver yang menggunakan sasis aluminium di sekujur bodinya.

Prosesor yang tersedia pada laptop ini ada dua pilihan yaitu Intel® Core™ i5-13500H processor dan Intel® Core™ i7-13700H processor. Prosesor yang dibuat dengan arsitektur hibrid ini memiliki dua inti yang mengelola tugas berbeda. Inti performa (P Core) untuk memaksimalkan performa dan inti efisiensi (E Core) yang memberikan efisiensi tugas di latar belakang untuk multitasking yang maksimal.

Dan laptop yang kami uji ini menggunakan pilihan prosesor kedua. Intel® Core™ i7-13700H processor memiliki total 14 core (6P core + 8E core) dan 20 threads. Urusan grafis diserahkan kepada Intel® Iris® Xe graphics yang digunakan pada laptop mainstream yang fokus pada performa prosesor ketimbang grafis. Kapasitas memori RAM sebesar 16 GB tipe LPDDR5 yang penggunaan dayanya lebih efisien dan sudah terpasang pada mode dual channel. Meski demikian Anda tidak bisa melakukan upgrade untuk komponen ini.

Lay-out keyboard khas ala laptop ringkas seri Swift yang hadir tanpa area numpad, sementara tombol-tombolnya memiliki backlight warna putih.

Tidak ketinggalan media penyimpanannya sudah menggunakan generasi terbaru yaitu SSD M.2 NVMe yang memiliki jalur PCIe 4.0 x4. Pilihan kapasitasnya yaitu 512 GB untuk yang menggunakan Intel® Core™ i5-13500H processor dan kapasitas 1 TB yang ditandem dengan Intel® Core™ i7-13700H processor.  Performanya sendiri cukup bagus dengan kecepatan tulis dan baca yang mencapai skor 3000-an MB/s.

Sektor layar juga menawarkan keunggulan dibanding generasi sebelumnya yang hanya menggunakan panel IPS. Panel OLED yang digunakan memiliki tingkat kontras warna yang lebih tinggi dan mampu menampilkan warna hitam dengan lebih gelap serta tampilan warna lebih cerah. Selain itu, layar OLED dapat menyalakan atau mematikan piksel secara otomatis serta konsumsi daya yang lebih irit dibanding jenis layar lainnya.

Memori RAM 16 GB berjenis on-board (gbr.1) dan sudah terpasang pada mode dual-channel, sedangkan satu slot SSD sudah terpasang SSD NVMe PCIe Gen 4.0 x4 dengan kapasitas 1 TB (gbr.2).

Untuk ukuran layarnya sebesar 14 inci dengan resolusi 2,8K atau 2880 x 1800 piksel. Akurasi warna 100% DCI-P3 memberikan jaminan warna akurat. Adanya sertifikasi VESA Display HDR TrueBlack 500 mampu menampilkan warna hitam yang pekat hingga contrast ratio mencapai 1,000,000 : 1. Mendukung pula sertifikasi EyeSafe yang bisa mengurangi paparan sinar biru sehingga lebih aman dan nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Layar ini tidak hanya nyaman untuk kebutuhan konten kreasi yang butuh akurasi warna tinggi dan gambar tajam, tapi juga bagi kebutuhan hiburan seperti gaming, streaming ataupun menonton film dengan resolusi tinggi.

Dukung komputasi modern, konektivitasnya sudah dilengkapi dengan dua port USB type-C yang mendukung Thunderbolt 4.0. Teknologi Thunderbolt 4 menghadirkan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. Dengan bandwidth 40 Gbps mampu memindahkan data antara penyimpanan internal dan eksternal dengan lebih cepat. Konektivitas serbaguna ini kompatibel dengan banyak koneksi, termasuk Thunderbolt™, USB, USB C standar, DisplayPort, dan PCle versi sebelumnya.

Konektivitas modern yang kencang dihadirkan melalui dua port Thunderbolt 4, sayangnya port pertama juga berfungsi untuk mengisi daya.