Find Us On Social Media :

Review Lenovo Legion Pro 5 (16ARX8): Konsisten di Desain dan Performa

By Dayu Akbar, Rabu, 6 Desember 2023 | 10:00 WIB

Lenovo Legion Pro 5 (16ARX8)

Seri Legion Pro 5 merupakan diantara lini laptop gaming dari Lenovo yang memiliki banyak varian. Salah satu SKU yang cukup menarik dihadirkan laptop yang punya seri lengkap Lenovo Legion Pro 5 (16ARX8). Pada SKU ini, Legion Pro 5 hadir dengan kombinasi dari prosesor AMD Ryzen 7000 series dengan grafis NVIDIA GeForce RTX 4000 series. Dengan kombinasi keduanya, laptop ini bidik gamer yang butuh performa kencang dengan tampilan dan fitur khas ala Lenovo seri Legion.

Bisa dibilang seluruh seri Legion Pro 5 punya tampilan yang mirip. Dari sisi desain, perbedaan minor hanya terdapat di beberapa sisi yang tidak terlalu berbeda jauh. Lenovo memang mengedepankan ciri khas desain minimalis tanpa gimmick berlebihan namun berkesan tangguh untuk seri ini. Bodinya didominasi warna hitam sehingga makin terkesan tangguh dan kokoh berkat frame dari metal alumunium alloy. Dimensi bodinya cukup bongsor layaknya laptop gaming kebanyakan. Bobotnya mencapai 2,5 kg dengan ketebalan 2,6 cm.

Seri Legion 5 pro memiliki bodi bagian bawahnya lebih panjang dengan penempatan posisi engsel agak ke depan.

Ciri khas lain dari desain Legion adalah bodi sisi belakang yang menonjol dimana engsel layar ditempatkan agak ke depan. Engselnya dibuat kokoh sehingga layar cukup nyaman dan bisa dibuka hanya dengan satu tangan saja.

Sisi belakang ini terdapat beberapa port pendukung serta lubang buangan udara. Port yang tersedia terdiri dari RJ-45 ethernet, USB 3.2 Gen 2 type-C, HDMI 2.1, dua USB 3.2 Gen 1 type-A, serta charging port. Konektivitas juga tersedia di sisi kanan yang terdiri dari USB 3.2 Gen 1 type-A, combo audio dan e-shutter switch berupa cover webcam yang memberikan perlindungan saat sedang tidak digunakan. Sisi kiri terdapat USB 3.2 Gen 1 type-A dan USB 3.2 Gen 2 type-C.

Layarnya bisa dibuka cukup dengan satu tangan dan engsel yang fleksibel hingga posisi mencapai kemiringan 180 derajat.

Layarnya menggunakan panel IPS berukuran 15,6 inci dengan resolusi hingga WQHD atau 2560x1600 pixels. Refresh rate-nya juga tinggi yaitu 240Hz agar pergerakan terasa lebih halus, utamanya saat bermain game dengan pergerakan cepat, misalnya game bergenre FPS (first person shooter). Sementara color gamut-nya memiliki tingkat sRGB 100% yang artinya memiliki akurasi warna cukup baik. Dan dari sisi desain, layarnya memiliki tampilan kekinian karena memiliki ukuran bezel yang cukup tipis sehingga layar terasa lebih lega.

Pada bezel atas terdapat webcam 2MP yang mumpuni pula untuk melakukan video conference atau sekedar chat. Namun untuk kebutuhan lebih tinggi seperti streaming, memang dibutuhakn webcam eksternal yang lebih baik. Tidak ketinggalan, Lenovo kerap memiliki pelindung pada webcam yang bisa diaktifkan melalui e-shutter switch. Fitur ini berguna sebagai perlindungan dari hacker ketika akan mengambil alih webcam dengan mengaktifkannya secara remote.

Keyboardnya punya pencahayaan RGB dengan variasi warna yang bisa disimpan hingga 3 profil dengan tingkat kecerahan yang terdiri dari 2 level.

Tetap menampilkan DNA laptop gaming, pencahayaan RGB hadir pada keyboard. Anda bisa mengatur pencahayaan tersebut secara manual melalui piranti lunak Lenovo Vantage atau melalui tombol shortcut dan menyimpannya hingga 4 profil.

Lenovo Vantage sendiri memang kerap digunakan pada lini laptop gaming yang memiliki banyak pengaturan untuk mengoptimalkan fungsinya. Selain menampilkan informasi secara real-time, terdapat pula pengaturan profil untuk mengatur Thermal Mode guna menjaga performa agar tetap stabil dengan mengatifkan sistem pendingin secara maksimal saat beban kerja tinggi.

Lenovo Vantage memiliki pengaturan lengkap diantaranya menentukan penggunaan integrated GPU atau diskrit GPU, ataupun konfigurasi thermal mode.