Find Us On Social Media :

Begini Upaya Huawei Dorong Digitalisasi untuk Indonesia Emas 2045

By Liana Threestayanti, Sabtu, 9 Desember 2023 | 21:53 WIB

Menggelar Huawei Media Camp 2023, Huawei menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat jalinan sinerginya dengan para pemangku kepentingan guna menyukseskan transformasi digital Indonesia.

Mendukung transformasi digital guna mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, Huawei Indonesia terus memperkuat kemitraan sinergis dengan para pemangku kepentingan.

Hal itu diperlihatkan dalam gelaran Huawei Media Camp 2023. Acara yang digelar di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ini melibatkan lebih dari 30 pemimpin redaksi dan editor senior, seluruh lini bisnis Huawei, serta berbagai mitra strategis, termasuk perwakilan dari dunia bisnis yakni perusahaan daur ulang urban GEM, Co, LTD, dan PT Xurya Daya Indonesia.

Selain itu, acara ini juga dihadiri perwakilan dari asosiasi industri, Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), serta akademisi dari Institut Teknologi Bandung dan Telkom University. 

Guo Hailong, CEO Huawei Indonesia, mengatakan bahwa selama lebih dari 23 tahun beroperasi di Indonesia, Huawei telah membangun kerja sama sinergis dengan berbagai pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, industri, dunia pendidikan, dan media. Kerja sama tersebut diharapkan akan demi mendukung kesuksesan transformasi digital dan tercapainya visi Indonesia Emas 2045 yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi di dunia.

Huawei juga mengerahkan seluruh lini bisnisnya yang terdiri dari grup bisnis Carrier Network, Enterprise, Consumer, Cloud, dan Digital Power untuk terus mengembangkan inovasi teknologi dan layanan guna berkontribusi dalam transformasi digital di Indonesia. 

“Selaras dengan komitmen global Huawei, kami mengundang dan melibatkan para mitra dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama meletakkan fondasi yang kokoh untuk penguatan ekonomi digital,” ujar Guo Hailong. 

Upaya tersebut juga mencakup percepatan transformasi digital di berbagai sektor, mendorong pembangunan ramah lingkungan melalui utilisasi teknologi, memperkuat keamanan siber dan perlindungan data pribadi untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan publik, membina kompetensi talenta digital untuk menjembatani kesenjangan digital, serta memupuk kolaborasi untuk menjajaki peluang-peluang di masa depan.

Kolaborasi untuk Konektivitas Modern di Indonesia

Salah satu fokus Huawei dalam mendukung proses transformasi digital di banyak negara, termasuk Indonesia, adalah percepatan implementasi 5G. Ini yang telah dilakukan Huawei.

Sebagai informasi, Huawei telah membantu pembangunan jaringan 5G di 10 kota teratas di dunia dalam hal kecepatan koneksi jaringan. 

Selain itu, Huawei juga telah bekerja sama dengan 400 operator seluler di seluruh dunia dalam penyediaan produk data storage dan solusi cerdas berbasis 5G. 

Pembangunan konektivitas 5G yang dilakukan Huawei juga telah menjadi bagian dari kehidupan penduduk di 700 smart city yang tersebar di lebih 100 negara dan regional.