Find Us On Social Media :

Review Acer Nitro V 15: Laptop Entry Level Buat Gaming Full HD

By Dayu Akbar, Jumat, 15 Desember 2023 | 14:35 WIB

Acer Nitro V 15

Acer punya lini laptop gaming yang luas, mulai dari yang terjangkau sampai kelas super mahal guna menyasar pengguna dari segala segmen. Khusus untuk harga terjangkau, Acer menawarkan laptop dengan spesifikasi dan harga yang bikin ngiler. Salah satunya melalui seri Nitro V 15.

Acer Nitro V 15 ini seakan jadi jawaban bagi pengguna yang ingin merasakan bermain game dari laptop dengan banderol harga terjangkau. Dan tidak main-main, prosesor yang digunakannya sudah generasi paling baru yaitu 13th Gen Intel® Core™ Processors. Untuk SKU yang digunakannya juga sudah lumayan yaitu Intel® Core™ i5-13420H Processor yang memiliki total 8 core (4P core + 4E core) dan 12 threads dengan base clock 1,5 GHz dan maksimum boost clock hingga 4,6 GHz.

Hal yang tidak kalah penting untuk urusan gaming adalah chip grafis. Dan Acer Nitro V 15 yang kami uji menggunakan NVIDIA GeForce RTX 2050. Sebagai chip grafis gaming kelas bawah, chip grafis ini punya memori 4 GB GDDR6 dan TGP 65 watt yang memang jadi pilihan yang tidak bisa ditolak untuk harga segitu. Apalagi seri RTX ini sudah support ray tracing, jadi masih lebih baik dibanding GTX 1650 yang mirip namun tanpa fitur Ray Tracing. Ray tracing sendiri merupakan salah satu fitur unggulan di chip grafis milik NVIDIA yang hanya ada di seri RTX, mulai dari RTX 2000 series, RTX 3000 series, dan 4000 series. Kegunaannya adalah untuk menampilkan efek yang lebih realistis pada suatu game dan biasanya ada di game-game keluaran teranyar.

Spesifikasi RAM single-channel dengan kapasitas 8 GB DDR5 jadi dimaklumi mengingat harganya. Hal ini tidak mengecewakan, apalagi ternyata Acer masih memberikan satu slot kosong sehingga Anda bisa menambah satu keping 8 GB lagi agar kapasitasnya menjadi 16 GB DDR5 dengan mode dual channel di saat dana sudah mencukupi. Secara maksimal, dukungan kapasitas RAM-nya dipasang hingga 32 GB DDR5. Dari sisi storage, Acer juga memberi pilihan menyenangkan. Penyimpanan utamanya sudah dilengkapi dengan SSD NVMe PCIe 4.0 x4 dengan kapasitas 512 GB. Untuk transfer datanya juga impresif dengan kecepatan baca di 5000-an MB/s dan kecepatan tulis di 4600-an MB/s. Jika kapasitasnya dirasa kurang, masih tersedia satu slot lagi dengan dukungan bandwith sama.

Sektor layar juga asik, Anda akan mendapati layar 15,6 inci dengan panel IPS yang memiliki resolusi full HD. Bahkan refresh rate-nya sudah 144Hz. Color gamut atau rentang warnanya memang tidak terlalu tinggi namun sudah cukup untuk kebutuhan gaming standar. Bagi Anda yang ingin menggunakannya bagi kebutuhan pengolah grafis dengan akurasi warna tinggi, memang bukan segmen yang dibidik oleh Nitro V 15.

Lagi-lagi menurut kami Acer kasih bonus menarik dari sisi konektivitas. Jarang laptop di harga sepuluh jutaan yang sudah mendukung Thunderbolt 4, bahkan ada dua port. Port ini menghadirkan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. Dengan bandwidth 40 Gbps mampu memindahkan data antara penyimpanan internal dan eksternal dengan lebih cepat. Sedangkan port lainnya termasuk USB Type-A, HDMI, dan LAN. Untuk nirkabelnya mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2.

Keyboard-nya memiliki lay-out full size keyboard, lengkap dengan area numpad. Punya pencahayaan backlit warna putih dengan dua tingkat kecerahan, tombol-tombolnya memiliki penempatan renggang sehingga lebih nyaman saat mengetik. Hanya saja, kami merasa kurang nyaman dengan ukuran tombol panah, terutama panah atas dan bawah yang punya ukuran sangat kecil. Terdapat pula tombol instan untuk akses cepat ke fitur Nitro yang ada di antara tombol F12 dan PrintScreen . Tombol Power juga hadir di area keyboard. Namun jangan kuatir karena tombol Power baru akan bereaksi ketika ditekan agak lama. Hal ini tentu melegakan terutama bagi pengguna yang suka salah menekan tombol.

Gaming di full HD