Find Us On Social Media :

AI di Aplikasi GorryWell Bantu Optimalkan Gaya Hidup Sehat Penggunanya

By Rafki Fachrizal, Senin, 8 Januari 2024 | 16:15 WIB

Ilustrasi Aplikasi GorryWell.

Startup asli Indonesia yang bergerak di bidang healthtech (teknologi Kesehatan), GorryWell, mengungkapkan bahwa saat ini mereka sedang membangun teknologi AI (artificial intelligence) di dalam aplikasinya.

GorryWell mengeklaim bahwa hingga kini sudah ada lebih dari 20.000 pengguna smartphone yang telah mengunduh aplikasinya serta telah mencoba berbagai fitur untuk membantu memonitor dan mengoptimalkan gaya hidup sehat yang holistik.

Fitur tersebut mulai dari monitoring makronutrisi yang diasup, monitoring aktivitas fisik dalam rangka pencapaian gol kesehatan tertentu, pengukuran dan manajemen tingkat stres, konsultasi online dengan para wellness coach, hingga pengelolaan tingkat kelelahan bahkan kecemasan psikologis.

William Susilo, Co-founder dan Chairman GorryWell, menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen mengembangkan teknologi AI sebagai upaya merespons kebutuhan pengelolaan data gaya hidup yang saat ini masih sporadis dan tidak terstruktur.

Data gaya hidup, mencakup pola makan, pola tidur, pola aktivitas fisik, dan tingkat stres memiliki potensi korelasi yang signifikan terhadap produktivitas individu dan risiko penyakit kronis.  

Dalam penelitian ilmuwan sosial dari program studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, potensi AI untuk berkontribusi dalam  mendukung proses diagnostik oleh dokter.

AI juga berpeluang memudahkan dokter dan tenaga kesehatan lainnya dalam memantau sekaligus menginterpretasi data gaya hidup individu yang sebelumnya tidak terukur dan tidak terstruktur, sehingga rekomendasi tindakan preventif maupun upaya kuratif/pengobatan pun menjadi lebih efektif.

Hal ini merupakan hal inovatif di dunia kesehatan, dan pada akhirnya membantu mengoptimalkan produktivitas dokter dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan dokter dalam mencerna sekaligus menginterpretasi data gaya hidup pasien dalam rentang waktu yang panjang.

“Sejauh ini GorryWell telah mengembangkan AI dalam aplikasinya yang memiliki kemampuan untuk mengelola sekaligus menganalisis gaya hidup individu, mulai dari pola makan, pola istirahat, pola aktivitas fisik, bahkan hingga pengukuran tingkat stres. Data tersebut merupakan dasar yang digunakan dalam penyusunan fitur resep makanan, bahan penyampaian konsultasi oleh wellness coach, dan penyajian rekomendasi panduan gaya hidup lainnya yang dipersonalisasi,” jelas William.

Monitoring Gaya Hidup dan Kesehatan Karyawan di Perusahaan

Menurut William Susilo, Co-founder dan Chairman GorryWell, teknologi monitoring gaya hidup atau kesehatan sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi individu, melainkan juga bermanfaat bagi perusahaan, mengingat produktivitas tim sangat ditentukan oleh keoptimalan kebugaran fisik dan psikologis.

“Bayangkan jika suatu ekosistem perusahaan memiliki program wellness dengan pemantauan tingkat kebugaran karyawan yang menyeluruh dan berkelanjutan, serta didukung oleh top management, kinerja bisnis dari perusahaan cenderung berbanding lurus dengan komitmen pelaksanaan program ini,” jelas William.

“Banyaknya kasus kecelakaan kerja di berbagai pabrik, menurunnya produktivitas karyawan senior akibat risiko penyakit kronis (seperti pre-diabetes/diabetes maupun jantung), karyawan muda yang sering mengalami stres atau kelelahan, merupakan parameter yang selayaknya menggerakan perusahaan dalam memulai menciptakan budaya hidup lebih sehat yang menyeluruh di seluruh lapisan organisasi,” tambah William.