Find Us On Social Media :

Ini Peran Komputasi Awan Alibaba Cloud di Olimpiade Gangwon 2024

By Liana Threestayanti, Kamis, 18 Januari 2024 | 17:14 WIB

Alibaba Cloud mendukung Winter Youth Olympic Games Gangwon 2024 yang lebih efisien dan lebih mengoptimalkan pengalaman para fans olahraga.

Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan buatan Alibaba Group, mendukung penyelenggaraan Winter Youth Olympic Games Gangwon 2024 yang lebih efisien dan lebih mengoptimalkan partisipasi serta pengalaman para fans olahraga.  

Sebagai informasi, ajang ini merupakan yang pertama di Asia dan Alibaba Cloud hadir sebagai mitra layanan cloud resmi dari IOC selaku penyelenggara.

Untuk mendukung acara ini, Komite Penyelenggara Gangwon 2024 meluncurkan beberapa platform digital untuk mendukung kegiatan operasional, termasuk platform manajemen staf dan sistem penjualan tiket, yang berjalan di infrastruktur cloud milik Alibaba Cloud. Berjalan di cloud, platform ini dapat ditingkatkan skalanya untuk mengoptimalkan efisiensi. 

Pemanfaatan teknologi Alibaba Cloud juga disebut pihak penyelenggara Gangwon 2024 meningkatkan pengalaman interaksi seluruh pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk staf dan relawan, penonton, serta penggemar olahraga dari seluruh dunia.

Anne-Sophie Voumard, Managing Director of IOC Television & Marketing Services mengatakan, kemitraan dengan Alibaba Cloud memungkinkan IOC mengeksplorasi cara-cara kreatif untuk meningkatkan interaksi penonton dan penggemar olahraga di seluruh dunia dengan efisiensi operasional yang lebih baik. 

Sementara Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence, mengatakan bahwa teknologi Alibaba Cloud di Gangwon 2024 tidak hanya membuat pengelolaan acara menjadi lebih efisien tapi juga memberikan pengalaman tak terlupakan bagi peserta, termasuk atlet, staf, relawan, dan para penggemar olahraga.

Gangwon 2024 akan berlangsung di provinsi paling utara Korea Selatan mulai 19 Januari hingga 1 Februari, mengumpulkan lebih dari 1.900 atlet muda berusia 15 hingga 18 tahun, dari 81 negara, untuk berpartisipasi dalam 15 cabang olahraga, termasuk Ski Alpen dan Curling.

Apa saja teknologi Alibaba Cloud yang terlibat di Gangwon 2024?

Komputasi Awan untuk Portal Manajemen & Sistem Ticketing

Untuk mendukung penyelenggaraan acara ini, Komite Penyelenggara Gangwon 2024 membutuhkan platform koordinasi yang lebih efisien dan mudah diakses. Menjawab kebutuhan itu, Alibaba Cloud membuat portal Manajemen Staf dan Relawan (SVM) yang mengusung fitur-fitur, seperti pelatihan staf dan relawan, pemberitahuan pengumuman melalui web-app dan SMS, serta manajemen jadwal dan kehadiran. 

Portal SVM ini dilengkapi dengan portal khusus untuk rekrutmen relawan pada tahap persiapan. Terintegrasi dalam satu platform, perangkat ini dirancang untuk memastikan kolaborasi internal yang lancar menjelang dan selama acara.

Portal SVM merupakan komponen penting dari sistem operasional utama Olimpiade. Di-hosting pada Alibaba Cloud, portal SVM telah mendukung kolaborasi efektif lebih dari 5000 staf dan relawan di Gangwon 2024.