Find Us On Social Media :

Vodafone Kasih Rp23 Triliun ke Microsoft untuk Kembangkan AI

By Adam Rizal, Kamis, 25 Januari 2024 | 10:00 WIB

Microsoft AI

Perusahaan internasional Vodafone mengucurkan dana investasi senilai Rp23 triliun ke Microsoft untuk mengembangkan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama selama 10 tahun di bidang pengembangan AI. 

Kolaborasi itu bertujuan untuk mengembangkan teknologi AI generatif yang dapat memenuhi kebutuhan lebih dari 300 juta bisnis dan konsumen di wilayah Eropa dan Afrika. Dana investasi tersebut akan difokuskan pada pengembangan produk AI seperti Azure OpenAI dan Copilot.

Selain pengembangan AI, Vodafone dan Microsoft juga akan meneliti lebih lanjut platform Internet of Things (IoT), yang  akan menjadi kebutuhan penting di kawasan Afrika. 

Kepala Eksekutif Vodafone Margherita Della Valle mengatakan kerja sama Vodafone dan Microsoft adalah bagian dari akselerasi transformasi digital, terutama untuk bisnis kecil hingga menengah. Tujuannya adalah meningkatkan persaingan di dunia bisnis, menghindari dominasi oleh pemain lama, dan mempercepat transformasi digital untuk konsumen bisnis Vodafone.

"Kerja sama ini bertujuan mengembalikan pertumbuhan keuntungan perusahaan ke level tertinggi dan mencapai nilai pasar 140 miliar euro atau sekitar Rp2,3 ribu triliun pada Mei 2024," katanya seperti dikutip Reuters.

"Kami berkomitmen membuat persaingan semakin sehat sehingga tidak hanya didominasi oleh para pemain lama saja.Kami ingin meningkatkan akselerasi transformasi digital dari konsumen bisnis kami, terutama untuk perusahaan kecil hingga menengah,” ucapnya.

Baca Juga: Ribuan Pengembang Game Khawatir Terancam PHK Akibat Penggunaan AI

 Baca Juga: Bangun Pabrik Chip AI, Bos ChatGPT Cari Investor Kaya Timur Tengah