Find Us On Social Media :

Makin Diminati, Pasar Drone di Indonesia Diprediksi Bernilai $93 Juta

By Rafki Fachrizal, Selasa, 13 Februari 2024 | 15:15 WIB

Ilustrasi Drone.

Penggunaan drone kini semakin banyak ditemui di berbagai sektor bisnis. Dengan semakin maraknya orang-orang yang memanfaatkan drone untuk mempermudah pekerjaannya, pasar industri drone pun diprediksi akan terus meningkat.

Indra Permana Sopian, Wakil Ketua Bidang Eksternal Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA), mengungkapkan pasar industri drone secara global diperkirakan hampir mencapai setara $48.6 Miliar.

“Asia merupakan yang tertinggi dengan prediksi senilai $10 Miliar, sedangkan di Indonesia diperkirakan $93 juta,” cetus Indra dalam acara webinar “Drone Industry Outlook 2024”.

Prediksi tersebut menurut Indra bukan hanya dari nilai dari penjualan produk, namun termasuk juga penggunaan jasanya.

“Tren pengadaan barang drone di Indonesia juga selalu tinggi dari tahun ke tahun, baik untuk kebutuhan pemerintahan termasuk militer hingga kebutuhan perusahaan-perusahaan swasta,” jelas Indra.

Dari segi penggunaan drone di Indonesia, jumlah pilot drone yang bersertifikasi dan drone yang sudah diregistrasi terus bertambah di tahun 2023, dan diprediksi akan bertambah di tahun 2024 mengingat semakin banyak pengguna yang aware akan pentingnya sertifikasi.

Bidang minat peserta sertifikasi juga semakin beragam, seperti adanya minat untuk kebutuhan inspeksi meskipun minat untuk pemetaan masih tinggi dari data Asosiasi Pilot Drone Indonesia.

Dari sisi penggunaan profesional juga diprediksi akan terus bertambah dilihat sudah mulai banyak kebutuhan pilot drone di berbagai industri.

Perkembangan teknologi drone juga sudah terlihat di tahun 2024 dengan adanya drone light show saat perayaan tahun baru di Bundaran HI, Jakarta.

Di tahun 2023 pun sudah banyak uji coba maupun demonstrasi yang dilakukan seperti penggunaan drone kargo, drone taxi, hingga drone elte yang dapat membawa peralatan industri.

Prediksi secara global, aplikasi penggunaannya lebih berkembang terutama drone pengiriman, seperti yang baru-baru diluncurkan oleh produsen besar dunia yakni DJI yang merilis produk DJI FlyCart.

Para penyedia pemanfaatan drone juga diprediksi akan bertambah melihat drone yang bisa dipelajari sendiri dan memberikan kemudahan untuk operasional harian.

Dari segi peraturan, Unmanned Traffic Management (UTM) akan semakin dikembangkan di banyak negara berhubung jumlah dan penggunaan drone semakin bertambah di setiap negara.