Find Us On Social Media :

Jelang Ramadan, Jumlah Produk F&B yang Laku di E-commerce Naik 75%

By Rafki Fachrizal, Senin, 4 Maret 2024 | 17:45 WIB

Ilustrasi E-commerce

Beberapa hari jelang Ramadan 2024, Compas.co.id melakukan monitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Pada pemantauan yang dilakukan sejak 1-25 Februari 2024 di platform Shopee, Tokopedia dan Blibli Compas.co.id mendapati beberapa produk makanan dan minuman manis mengalami peningkatan jumlah produk terjual hingga 75% dibanding periode yang sama pada bulan sebelumnya (MoM).

Produk minuman coklat, selai olesan, dan coklat kemasan merupakan contoh produk yang mengalami peningkatan penjualan tertinggi.

“Kami memahami masyarakat yang tengah bersiap-siap untuk memasuki bulan Ramadan, di mana di Indonesia sendiri terdapat tradisi untuk konsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa,” terang Hanindia Narendrata selaku Co-Founder dan CEO Compas.co.id.

“Berdasarkan tradisi tersebut, Compas.co.id melakukan monitoring di e-commerce dan menemukan bahwa jumlah produk terjual pada minuman coklat meningkat paling tinggi pada periode ini dibanding jenis Food & Beverages (F&B) lainnya, di mana meningkat 75% ke angka lebih dari 158 ribu produk, atau meningkat sekitar 60 ribu produk di sepanjang Februari,” lanjutnya.

Lebih jauh, Narendrata turut menginformasikan produk-produk lain yang mengalami lonjakan jumlah produk terjual sepanjang periode Februari 2024 tersebut, di antaranya sub kategori selai olesan serta coklat kemasan.

Di mana jumlah produk terjual pada selai olesan mengalami kenaikan sebanyak 49% dibanding bulan sebelumnya, meningkat ke level 377 ribu produk, atau meningkat sekitar 125 ribu produk.

Pada periode jelang Ramadan di tahun 2024, sub kategori coklat kemasan juga turut meningkat 48% ke angka 860 ribu produk, atau meningkat sekitar 300 ribu produk dibanding bulan sebelumnya.

Adapun kategori F&B pada riset ini masih dikuasai oleh frozen food dengan 3,1 juta jumlah produk terjual, meningkat 1% dari atau naik sekitar 32 ribu produk, yang kemudian disusul bumbu instan dengan 1,1 juta produk, meningkat 2% atau naik 22 ribu produk dibanding periode yang sama di bulan Januari 2024.

Data TikTok Shop Bulan Februari 2024

Sepanjang bulan Februari 2024 Compas.co.id turut memonitoring keadaan pasar di TikTok Shop, tepatnya pada periode 2-25 Februari 2024.

Menariknya dari temuan Compas.co.id terdapat perbedaan jenis produk yang memuncaki TikTok Shop di kategori F&B.

Di mana pada platform ini sub kategori cokelat yang hampir menyentuh 200 ribu jumlah produk terjual.