Find Us On Social Media :

Lima Rekomendasi Aplikasi Fitness untuk Jaga Kebugaran di Ramadan 2024

By Liana Threestayanti, Kamis, 14 Maret 2024 | 14:30 WIB

Menjaga kebugaran adalah salah satu hal yang penting dilakukan di bulan Ramadan demi kelancaran ibadah dan aktivitas lainnya. 

Beruntungnya, di era digital, hal itu menjadi lebih mudah dilakukan, misalnya dengan memanfaatkan aplikasi kebugaran (fitness) yang kini banyak tersedia di app store Android maupun iOS. Tanpa harus pergi ke gym atau pusat kebugaran, Anda bisa tetap melakukan aktivitas olah raga di rumah atau di mana saja. 

Aplikasi fitness juga memungkinkan penggunanya memantau aktivitas fisik dan asupan nutrisi sehingga pengguna dapat menjaga dan atau meningkatkan kebugarannya. 

Namun perlu diingat bahwa aplikasi kebugaran mungkin tidak mengajarkan teknik dan gerakan olah raga dengan benar karena visualisasi yang tidak memadai. Dan kebanyakan aplikasi tidak memperhatikan atau melihat bagaimana pengguna melakukan gerakan-gerakan yang dicontohkan. 

Oleh karena itu gunakan aplikasi sebagai panduan, selalu perhatikan kondisi tubuh kita, dan jangan abaikan saran dari profesional di bidang kebugaran.

Inilah lima rekomendasi aplikasi fitness yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

1. MyFitnessPal: Calorie Counter

Menyediakan fitur food tracking, calorie counter, macro tracker, dan fitness tracker, aplikasi yang dirilis pada tahun 2010 ini dapat berperan sebagai coach nutrisi, meal planner, fitness tracker, dan food diary dalam genggaman. 

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencatat dan merencanakan asupan makanan, menelusuri aktivitas fisik, menyesuaikan fitness goal, memantau kemajuan program kebugaran, terkoneksi dengan komunitas dan sebagainya.

Fitur terbaru pada aplikasi MyFitness Pal adalah Intermittent Fasting. Fitur premium ini memungkinkan Anda memilih pola puasa intermittent yang sesuai, memulai atau berhenti puasa sesuai kesiapan Anda. 

Aplikasi MyFitnessPal: Calorie Counter tersedia untuk pengguna Android dan iOS, serta telah ditingkatkan untuk Wear OS. Untuk mengundung aplikasi ini, pengguna harus menyiapkan ruang di perangkatnya sebesar 178 MB (iOS) dan 107 MB (Android).

Di Play Store, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki rating 4,7. Sedangkan di App Store, MyFitness Pal memperoleh rating 4,,8.