Find Us On Social Media :

review vivo Y100 5G: Seri Y dengan Fitur yang Makin Premium

By Dayu Akbar, Rabu, 20 Maret 2024 | 06:00 WIB

vivo Y100 5G

Seri Y smartphone besutan vivo merupakan seri yang berada di bawah seri V. Meski awalnya bidik konsumen dengan dana lebih terjangkau, vivo nyatanya tetap memberikan fitur-fitur premium pada seri terbarunya yaitu vivo Y100 5G.

vivo Y100 5G hadir dalam kotak penjualan dengan dominasi warna putih dengan logo Y100 di bagian depannya. Dan yang kami suka adalah kelengkapannya yang sudah menyediakan charger 80 watt dan case transparan. Untuk unitnya sendiri tersedia dalam dua pilihan warna yaitu ungu anggrek dan hitam onyx. Jika ungu anggrek bodi belakangnya menggunakan desain kulit fiber premium, maka warna hitam onyx menggunakan desain yang disebut dengan crystalline matte finishing. Dan unit yang kami coba adalah warna kedua.

Bodi belakangnya dilapisi dengan anti-stain coating technology sehingga mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan noda ketika terkena minuman berwarna seperti kopi atau bekas makanan.

Diantara keunggulan desain pada warna hitam onyx adalah mudah dibersihkan dan sudah mendapatkan sertifikasi IP54 yang artinya aman dari paparan debu dan cipratan air. Dengannya, Anda tetap bisa memamerkan bodi belakangnya tanpa kuatir bagian belakangnya kotor. vivo Y100 5G menggunakan desain flat di bagian belakang. Selain terlihat premium, desain ini memberi kenyamanan saat bermain game terutama saat posisi landscape. Dalam posisi ini, pegangan akan terasa lebih mantap dan tidak licin, berbeda dengan experience pada desain layar lengkung.

Slot kartu menyediakan kompartemen yang hanya bisa digunakan hingga satu kartu nano dan satu kartu micro SD atau hanya dua kartu nano SIM saja.

vivo menempatkan tombol Volume dan Power disisi kanan. Pada sisi bawah terdapat port USB type-C, slot kartu SIM, dan lubang speaker. Asiknya, speaker ini stereo dimana selain di sisi bawah juga terdapat di dekat bagian earpiece. Sementara slot kartu yang disediakan hanya mendukung hingga dua kartu nano SIM atau masing-masing satu kartu nano SIM dan satu kartu microSD.

Beralih ke bagian depan, layarnya punya ukuran 6,67 inci. Dan lagi-lagi seri ini memberikan spesifikasi menarik karena menggunakan panel AMOLED dengan refresh rate 120Hz. Bersifat adaptive, refresh rate-nya punya fitur Smart Switch yang akan berpindah secara otomatis sesuai dengan kebutuhan agar konsumsi daya lebih irit. Resolusinya full HD+ (2400 x 1080 piksel) dengan rasio 20:9. Tingkat kecerahannya cukup tinggi yaitu 1200 nits sehingga tampilannya masih terlihat jelas meski berada di bawah terik matahari. Tidak ketinggalan sensor sidik jari yang disematkan di area bawah dalam layar.

Punya kasta di bawah seri V, kali ini vivo Y100 juga menggunakan panel AMOLED yang lebih premium dan menjadikannya seri Y pertama dengan panel tersebut.

Mungkin saat pertama kali melihat kamera belakang banyak yang sedikit terkecoh. Bagian belakang terdapat tiga bulatan yang ternyata tidak semuanya merupakan lensa kamera. vivo Y100 5G hanya memiliki dua kamera belakang, satu kamera utama 50 MP dan satunya kamera ultra-wide 8 MP. Sedangkan bulatan satunya merupakan flicker sensor yang akan membantu meminimalisir tampilan flicker di layar. Sementara kamera depannya punya resolusi besar 8 MP saja.

Untuk video, kamera utama dan belakangnya bisa merekam sampai resolusi 1080p dengan frame rate 30fps. vivo juga menyertakan fitur penstabil tangkapan video meski saat kami coba gunakan hasilnya tidak berbeda jauh saat ketika tidak menggunakannya.

Bagian belakang hanya memiliki dua kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan ultra wide 8 MP, sedangkan lensa satunya merupakan sensor flicker.

Performa Kelas Menengah dengan Suhu Rendah