Find Us On Social Media :

Review realme 12 5G: Kamera 108 MP dan Fitur Terdepan Rasa Flagship

By Dayu Akbar, Kamis, 21 Maret 2024 | 11:00 WIB

Hadir dengan pilihan warna twilight purple dan woodland green, bagian belakang memiliki motif serupa dengan realme 12+ 5G namun bedanya realme 12 5G menggunakan lapisan berbahan polikarbonat.

Setelah 29 Februari lalu realme 12+ 5G dan realme 12 Pro+ 5G resmi meluncur, kini giliran realme 12 5G yang hadir di tanah air. Tidak hanya sebagai pelengkap dari realme 12 Series 5G, realme 12 5G menghadirkan kualitas kamera unggulan dan didukung dengan berbagai fitur menarik, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

realme 12 5G tampil premium dengan desain pada bodi belakang yang stylish. Hadir dalam dua pilihan warna yaitu Twilight Purple & Woodland Green, bagian belakangnya mirip dengan realme 12 Series 5G lainnya yang mengadopsi desain ala jam tangan mewah. Bedanya, pada realme 12 5G bodi belakang ini memiliki lapisan berbahan polikarbonat.

Sebelum berlanjut ke pembahasan yang lebih detail, sekedar menginformasikan bahwa kami mendapatkan kiriman realme 12 5G berada di dalam realme Ramadhan Box.

Di sisi desain, realme menghadirkan Trendy Watch Design yang terinspirasi dari desain jam tangan populer dengan menghadirkan tingkat detail yang tinggi. Housing kamera realme 12 5G berbentuk bulat besar yang mengikuti tren smartphone flagship masa kini.

Berbekal sertifikasi IP54, smartphone ini tahan terhadap debu dan cipratan air, serta kotoran dan tidak gampang meninggalkan bercak sidik jari ataupun tangan sehingga tetap terlihat bersih. Tidak hanya menarik dipandang mata, realme 12 5G juga nyaman untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan dengan menghadirkan bodi yang tipis dan ringan.

realme 12 5G

Bodinya hadir dengan desain flat dengan tiap sudut yang melengkung. Ketebalannya yang hanya 7,69 mm membuatnya lebih tipis dibanding smartphone lain di kelasnya. Bobotnya juga lebih ringan yaitu sekitar 188 gram sehingga membuatnya nyaman digenggam. Tidak hanya itu, realme 12 5G telah menjalani lebih dari 320 pengujian intensif untuk memastikan daya tahan pemakaian yang lama.

Sebagai seri paling rendah dari realme 12 Series 5G, layarnya mengusung resolusi FHD+. Ukuran layarnya 6,72 inci dengan refresh rate 120Hz serta punya resolusi FHD+ atau 1.080x2.400 pixels.

Dukungan untuk 6 tingkat Dynamic Refresh Rate, mulai dari 45Hz hingga 120Hz, memungkinkan layar untuk menghemat energi sesuai dengan kebutuhan penggunaan, sehingga membantu pengguna dalam mengoptimalkan penggunaan baterai. Sebagai contoh, saat layar diam tanpa sentuhan selama 3 detik, kecepatan refresh layar akan secara otomatis diturunkan ke 45Hz, yang berkontribusi pada peningkatan daya tahan baterai.

Berbeda dengan realme 12+ 5G dan realme 12 Pro+ 5G yang menggunakan panel AMOLED, realme 12 5G menggunakan layar dengan panel IPS.

Untuk penggunaan harian, realme 12 5G dapat mengakomodir kebutuhan pengguna dengan sangat baik dengan menghadirkan visual yang menawan dan akurasi warna yang baik.