Bulan Ramadan bukan hanya waktu untuk meningkatkan ibadah, tetapi juga merupakan momen yang penting bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka.
Selain secara offline, pelaku usaha juga bisa menaikkan penjualan produk mereka di platform online. Dua platform yang populer di Indonesia, Tokopedia dan TikTok, menawarkan peluang besar untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan selama bulan suci ini.
Bagi Anda pelaku usaha, inilah beberapa tips untuk meningkatkan penjualan di kedua platform online tersebut:
1. Keruk untung dengan strategi bundling produk
Strategi bundling produk bisa meningkatkan penjualan dan dapat diterapkan UMKM khususnya yang berjualan produk kebutuhan sehari-hari atau Fast Moving Consumer Good (FMCG).
Pelaku usaha disarankan menggabungkan maksimal 3 produk dan menambahkan diskon khusus agar menarik minat calon pembeli.
Pelaku UMKM bisa memanfaatkan fitur Paket Bundling di Tokopedia maupun Shop | Tokopedia. Agar makin dilirik calon pembeli, gunakan nama unik yang identik dengan Ramadan.
Misalnya, 'Paket Beduk' yang berisi produk yang berkaitan dengan buka puasa, seperti teh celup, gula pasir dan kurma.
Agar pembeli makin loyal, pelaku UMKM bisa menggunakan fitur 'Produk untuk Hadiah' di Tokopedia atau 'Gift with Purchase' di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok. Lewat fitur ini pelaku UMKM bisa memberikan hadiah kepada pembeli pada setiap transaksi.
2. Buat hampers edisi spesial Ramadan
Menjelang Idulfitri, masyarakat biasanya saling berkirim hampers untuk kerabat atau teman.
Ini adalah kesempatan bagus bagi pelaku usaha di Tokopedia dan Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok untuk menaikkan penjualan dengan cara membuat hampers edisi spesial Ramadan.
Lakukan penamaan produk secara tepat dengan memakai kata kunci yang paling banyak dicari pembeli. Rekomendasi kata kunci untuk berjualan hampers, antara lain: hampers, hadiah, gift, kado, parsel.
Di sisi lain, pelaku usaha juga bisa memberikan kesempatan bagi pembeli untuk mengkustom hampers sesuai preferensi dengan mengaktifkan fitur Pelengkap Produk di Tokopedia.
Fitur ini memungkinkan pembeli menambah kartu ucapan dan kemasan (bungkus kado, goodie bag, kemasan ramah lingkungan dsb) pada produk apa pun. Jadi, pembeli bisa mengirim produk itu sebagai hadiah.
3. Kolaborasi dengan KOL yang relevan
Pemilihan KOL untuk mendukung strategi marketing atau sales sebaiknya disesuaikan dengan anggaran dan objektif penjual.
Jika penjual punya anggaran besar dan ingin meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat luas, maka penjual bisa berkolaborasi bersama KOL dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut (Macro/Mega KOL) yang relevan dengan produk penjual.
Namun jika penjual ingin menyasar calon pembeli yang lebih niche, Nano KOL dengan pengikut 1.000-10.000 bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau.
Salah satu fitur Tokopedia yang dapat membantu penjual berkolaborasi dengan Nano KOL atau Tokopedia Affiliate adalah Dipromosikan Affiliate.
Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate.
Di sisi lain, penjual di Shop | Tokopedia juga dapat bekerja sama dengan affiliate creator yang sudah terdaftar di TikTok.
4. Live streaming dengan konten yang menarik
Untuk menjangkau target audiens yang tepat, pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur LIVE shopping di Shop | Tokopedia.
Beberapa tips untuk memastikan LIVE tersebut menarik untuk pengguna antara lain: pastikan untuk selalu menyambut audiens baru, menjaga konten tetap menarik, dan meningkatkan waktu tayang LIVE dan mendorong pembeli.
Pelaku usaha juga dapat menyerukan promosi terus-menerus karena selalu ada penonton baru di ruang LIVE.
Di sisi lain, penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan kanal streaming video 'Tokopedia Play' untuk melakukan live streaming dan memasarkan produknya dengan menambahkan beragam promo menarik.
Jangan lupa siapkan peralatan live streaming seperti tripod, membuat konten secara konsisten, berinteraksi dengan penonton dan promosikan live streaming sebelum mulai lewat media sosial.
5. Terapkan strategi jitu pasang iklan
Penjual bisa memanfaatkan solusi pemasaran komprehensif Tokopedia Marketing Solutions, salah satunya fitur beriklan TopAds.
Agar produk tampil di hasil pencarian teratas, penjual bisa mengaktifkan Biaya Iklan Otomatis agar anggaran dan kata kunci diatur secara otomatis oleh sistem TopAds dengan tingkat relevansi terbaik.
Sedangkan penjual di Shop | Tokopedia dapat menggunakan fitur Iklan untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi serta mempromosikan toko serta produk yang dijual.
Penjual dapat mengakses materi online di tautan berikut untuk mempelajari bagaimana menggunakan fitur Iklan dengan tepat di Shop | Tokopedia.
Produk dengan Peningkatan Penjualan Tertinggi
Pada minggu pertama Ramadan (11-17 Maret 2024), terdapat sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan di aplikasi maupun website Tokopedia dan platform 'Shop | Tokopedia' di aplikasi TikTok.
Pada platform 'Shop | Tokopedia' di aplikasi TikTok, produk Baju Muslim Wanita, Skincare dan Atasan Wanita mengalami peningkatan transaksi sebesar 1,4 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.
Sedangkan di Tokopedia, produk Hadiah, Fashion Muslim serta Daging dan Seafood mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 5 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.
"Kenaikan transaksi pada sejumlah produk tersebut menandakan bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM untuk makin meningkatkan penjualan. Tokopedia bersama TikTok pun membagikan lima tips meningkatkan penjualan di bulan puasa untuk para pelaku UMKM lokal," kata Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
Baca Juga: Nih! Lima Rekomendasi Furnitur Lokal Harga Sejutaan di Tokopedia