Find Us On Social Media :

Nih! Lima Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing dengan Fitur AI

By Liana Threestayanti, Kamis, 25 April 2024 | 16:14 WIB

Menguasai bahasa asing menjadi keterampilan yang wajib dimiliki. Aplikasi belajar bahasa asing dengan AI menjadi solusi yang populer dan efektif.

Di era globalisasi saat ini, menguasai bahasa asing menjadi keterampilan yang wajib dimiliki tidak hanya pelajar dan mahasiswa, tapi juga pekerja bahkan ibu rumah tangga. 

Keterampilan berbahasa asing akan memberikan beberapa manfaat, misalnya meningkatkan peluang kita untuk diterima di dunia kerja, bahkan peluang berkarier di manca negara. 

Keterampilan ini juga membukakan akses global ke informasi, riset, dan literatur terkemuka, sehingga kita dapat mengikuti perkembangan dunia dan mendapatkan pengetahuan terbaru dalam berbagai disiplin ilmu. 

Penguasaan berbahasa asing juga membukakan peluang untuk pendidikan tinggi di luar negeri. Sementara bagi para pebisnis, kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa asing akan memudahkan mereka ketika melakukan ekspansi bisnis ke pasar internasional.

Namun ketika kita mempelajari bahasa asing, ada saja hambatan yang datang, seperti kurang percaya diri, kendala waktu, kesulitan memahami, tidak ada teman berlatih, dan sebagainya

Syukurlah, dengan kemajuan teknologi saat ini, aplikasi belajar bahasa asing dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menjadi solusi yang populer dan efektif bagi banyak orang yang ingin belajar bahasa asing secara mandiri.

Aplikasi pembelajaran bahasa berbasis AI menggabungkan kekuatan kecerdasan buatan dengan teknik pembelajaran bahasa yang sudah terbukti untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang komprehensif dan personal. Aplikasi-aplikasi ini menawarkan beragam fitur seperti latihan interaktif, pengenalan ucapan, dan praktek percakapan dunia nyata, menjadikannya cara yang efektif untuk belajar bahasa baru.

Inilah lima di antara sejumlah aplikasi berbasis teknologi AI untuk belajar bahasa asing. 

1. Duolingo

Datang dalam format situs web dan aplikasi seluler, Duolingo adalah platform pembelajaran bahasa terpopuler di dunia dengan pendapatan diperkirakan mencapai US$180 juta pada tahun 2020 dan jumlah total pengguna lebih dari 300 juta. 

Duolingo menawarkan 106 kursus bahasa yang berbeda dalam 38 bahasa. Aplikasi ini dibekali algoritma AI untuk menawarkan pengalaman pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pembelajar. Dengan menyediakan chatbot bahasa, Duolingo membantu orang mempelajari bahasa asing tanpa rasa malu akibat salah komunikasi dengan penutur asli.

Apa saja fitur AI pada Duolingo?