Find Us On Social Media :

Startup Teknologi Ekstraksi Nikel dan Kobalt BANIQL Raih Pendanaan $1,6 juta

By Rafki Fachrizal, Senin, 20 Mei 2024 | 17:45 WIB

Tim BANIQL.

Startup (perusahaan rintisan) asal Indonesia kembali mendapatkan pendanaan baru. Kali ini, startup BANIQL mengumumkan bahwa mereka telah menerima pendanaan sebesar $1,6 juta. 

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh BEENEXT, dengan partisipasi dari Seedstars International Ventures, A2D Ventures, Sopoong Ventures, dan angel investor dari AS, Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Jaringan XA.

“Kami yakin bahwa pendanaan ini akan memungkinkan kami membawa BANIQL ke tingkat berikutnya dan memberikan kontribusi signifikan pada transisi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan untuk industri mineral penting,” Willy Halim, CEO dan Co-founder BANIQL.

Pendanaan tahap awal akan dialokasikan untuk membangun fasilitas pra-pilot, memperluas tim R&D dan teknik, serta mendukung operasi umum, termasuk pengembangan paten, kolaborasi, dan pengembangan produk.

Saat ini, BANIQL sedang mengembangkan teknologi yang bertujuan untuk membuat ekstraksi nikel dan kobalt, dua komponen penting dalam baterai kendaraan listrik dan penyimpanan energi terbarukan, menjadi lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Seiring dunia beralih menuju solusi energi yang lebih bersih, permintaan akan mineral-mineral penting ini melonjak tajam.

Pendekatan inovatif BANIQL memiliki potensi untuk secara signifikan mengurangi dampak lingkungan dari ekstraksi nikel dan kobalt sambil memenuhi permintaan yang terus meningkat akan bahan-bahan ini.

Dengan visi untuk meningkatkan pasokan bahan baku baterai sambil mengurangi dampak lingkungan, biaya, dan risiko rantai pasokan, BANIQL bertujuan untuk memperbaiki rantai nilai nikel dengan teknologi berkelanjutan yang sedang dalam proses paten di AS.

Pasar target awal perusahaan adalah Indonesia, yang memiliki 25% cadangan nikel dunia (Statista), dan juga bekerja untuk menembus pasar Korea Selatan, Australia, dan Filipina.

BANIQL

Teknologi BANIQL diketahui menawarkan alternatif yang lebih berkelanjutan dan efisien dibandingkan metode ekstraksi tradisional, yang sering dikaitkan dengan kerusakan lingkungan yang signifikan.

Proses perusahaan memiliki potensi untuk mengurangi konsumsi air dan energi, meminimalkan penggunaan bahan kimia, dan mengurangi jejak lingkungan yang terkait dengan ekstraksi nikel dan kobalt.

Pasar bahan baku baterai diperkirakan akan mencapai $60 miliar pada tahun 2030, dan integrasi vertikal yang sukses dari BANIQL dengan pemrosesan material dapat membuka peluang pasar tambahan sebesar $62 miliar.