Find Us On Social Media :

Helios Hadirkan Kouventa untuk Interaksi Pelanggan, Ini Kemampuannya

By Liana Threestayanti, Rabu, 5 Juni 2024 | 19:50 WIB

PT Helios Informatika Nusantara (Helios), penyedia solusi infrastruktur, cloud, dan digital serta anak perusahaan CTI Group, memperkenalkan Kouventa, sebuah platform yang dirancang untuk membantu bisnis berinteraksi dengan pelanggan dan memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) generatif. 

Peluncuran solusi Kouventa tak lepas dari tantangan yang dihadapi perusahaan di Indonesia saat ini dalam menangani pelanggan. Menurut laporan “State of Customer Experience in Indonesia 2024”, 90% organisasi di Indonesia belum memiliki pemimpin C-suite untuk customer experience (CX) dan 40% tidak memiliki tim CX yang berdedikasi.

Selain itu, laporan yang sama menemukan bahwa 55% perusahaan belum memiliki gambaran menyeluruh mengenai data pelanggan dan mengalami kesulitan untuk mengubah data menjadi informasi yang berguna serta melakukan analisis prediktif. Temuan lainnya adalah 43% bisnis tidak memiliki sistem CX yang canggih dan 69% belum memanfaatkan sistem berbasis AI.

Menjawab tantangan itu, Kouventa hadir sebagai platform terpadu yang memungkinkan bisnis terhubung dengan pelanggan melalui berbagai saluran, seperti chat WhatsApp dan media sosial direct message (Instagram & Facebook), sehingga setiap titik kontak dengan pelanggan dapat dioptimalkan untuk efisiensi dan efektivitas.

Royani Lo, CEO Helios Informatika Nusantara, menyatakan bahwa misi Kouventa adalah memberdayakan bisnis untuk meningkatkan pengalaman layanan pelanggan, dengan mengubah interaksi pelanggan menjadi momen personal yang mendorong loyalitas, kepuasan, dan pendapatan.

Dibekali teknologi AI generatif, Kouventa mengusung beberapa fitur utama, seperti:

Suandy Lim, Direktur Helios dan Founder Kouventa, menyatakan bahwa generative AI di Kouventa memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan secara personal, bahkan di luar jam kerja. Ia menambahkan, teknologi ini juga dapat membantu operasional internal dengan fitur Kouventa Company Wikipedia, memudahkan karyawan mengakses informasi perusahaan secara cepat dan akurat melalui chat.

Baca juga: XDC dan Uniview Hadirkan Solusi Keamanan Video AIoT di Indonesia

Baca juga: Penggunaan AI Tingkatkan Layanan Pelanggan dan Analisis Prediktif